Jenis-Jenis Gitar
Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang cukup banyak digemari dan dipelajari ntuk dimainkan. Jika Anda ingin belajar bermain gitar, sangat penting untuk memahami berbagai jenis-jenis gitar sebagai permulaannya.
Terdapat banyak jenis-jenis gitar yang ada di pasaran, di mana setiap jenisnya akan terasa dan terdengar berbeda saat dimainkan. Jenis gitar yang tepat bergantung pada jenis musik yang ingin Anda mainkan, jenis suara yang ingin Anda peroleh dari gitar, dan tampilan serta nuansa yang Anda sukai.Berikut adalah jenis-jenis gitar yang ada di dunia.
1.Gitar Klasik (Nylon String Acoustic)
Jenis-jenis gitar yang pertama adalah gitar klasik. Gitar klasik juga dikenal sebagai gitar akustik senar nilon (Nylon String Acoustic) karena menggunakan senar nilon. Pada jenis gitar akustik, Anda tak perlu mencolokkannya menggunakan listrik untuk memainkannya.
2.Gitar Akustik Senar Baja
Jenis-jenis gitar yang kedua adalah gitar akustik senar baja. Terdapat dua jenis gitar akustik, yakni klasik dan senar baja. Gitar klasik menggunakan senar nilon (seperti dijelaskan di atas) dan gitar senar baja menggunakan senar baja. Terdapat tiga tipe bodi utama untuk gitar akustik senar baja yaitu dreadnought, parlour, dan jumbo. Ada pula variasi dan bentuk lain di luar ketiganya, yakni gitar travel.
Gitar travel adalah jenis gitar populer dan bagus untuk gitaris dengan tangan kecil. Jenis body gitar yang paling populer adalah 'Dreadnought', tetapi tipe body yang tepat tentu tergantung pada kenyamanan Anda. Gitar akustik senar baja memiliki nada yang lebih cerah jika dibandingkan dengan gitar klasik. Nada yang lebih cerah ini menjadikannya pilihan populer untuk gaya musik folk, country, blues, pop, rock, bluegrass, dan lain-lain.
3.Gitar Flamenco
Gitar flmenco merupakan instrumen senar nilon lain di samping gitar klasik yang sama-sama berasal dari Spanyol. Gitar ini juga sama-sama tidak memiliki fleksibilitas luas seperti gitar senar baja, karena umumnya digunakan untuk toque, yaitu bagian bermain gitar pada seni flamenco dari Spanyol.
Gitar flamenco dibuat lebih ringan dengan atasan yang lebih tipis daripada gitar klasik yang menghasilkan kualitas karakter suara yang lebih terang dan perkusif. Gitar flamenco secara tradisional terbuat dari kain cypyp Spanyol, sycamore, atau rosewood untuk bagian belakang dan samping, kemudian pohon cemara untuk bagian atas.
4.Gitar 12 Senar
Umumnya kita telah terbiasa memainkan gitar dengan 6 senar. Namun, bagaimana rasanya jika jari-jari harus menari-nari di atas 12 senar gitar? Wow, tentu ini memerlukan latihan rutin agar terbiasa. Sesuai dengan namanya, jenis gitar ini memiliki 12 senar yang digabungkan menjadi satu pasang, sehingga secara sekilas tetap terlihat seperti 6 senar.
Dengan paduan 12 senar tersebut, gitar ini bisa menghasilkan nada suara yang lebih jernih dan jelas. Namun, untuk memainkannya dengan benar, Loopers harus menekannya lebih kencang sehingga tidak menghasilkan suara yang fals. Gitar 12 senar sangat bagus untuk progress akord penuh dan tebal yang sering kali beresonansi dengan cara yang sepertinya lebih dari satu gitar dimainkan.
5.Gitar Resonator
enis gitar ini sering disebut juga gitar resophonic. Sound hole yang biasanya kita temukan pada sebuah gitar, tidak ada pada jenis gitar yang satu ini karena digantikan dengan piringan berbentuk bundar yang juga untuk menyembunyikan resonator berbentuk kerucut. Kerucut logam tersebut berfungsi sebagai loudspeaker untuk memanipulasi suara agar terdengar lebih sengau.
Gitar ini tidak menggunakan bahan papan kayu pada top body-nya. Pada awalnya, gitar resonator dibuat untuk menghasilkan suara yang lebih keras dibanding dengan gitar berbahan dasar kayu, karena tidak dapat bersaing dengan instrumen lainnya ketika pada acara luar ruangan seperti orkestra atau konser musik lainnya.
Gitar Resonator terdiri dari Square Necked (Persegi) dan Rounded Necked (Membulat). Gitar Resonator umumnya dimainkan sebagai lap steel guitar, dengan design square. Gitar jenis ini kebanyakan disukai oleh para musisi country atau juga blues. Pada gitar Resonator dengan Tuning Slack-Key sangat cocok pada saat mamainkan Bottleneck dan pada umumnya tuning gitar Resonator yang paling populer berupa E-A-D-G-B-E.
Itulah jenis-jenis gitar yang mungkin belum kamu ketahui , semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mengenali jenis gitar dan dapat membantu saat ingin membeli dan memilih gitar.