Tentang Kopi
Meskipun kedua minuman kopi, latte dan cappuccino, mengandung banyak bahan yang sama, keduanya sangat berbeda dalam rasa, tekstur, dan penampilan. Namun masih banyak orang yang kesulitan membedakannya.
Apa itu cappucino?
Cappuccino adalah keseimbangan sempurna antara espresso, susu, dan buih. Di beberapa negara atau wilayah, biasanya menambahkan bubuk kakao atau bubuk kayu manis di atas busa susu. Cappuccino yang dibuat secara profesional harus bertubuh penuh dan masih memiliki rasa manis yang ringan dari susu.
Buih susu juga penting, harus padat, bukan gelembung besar, tetapi gelembung kecil yang terasa sangat halus di bibir dan lidah. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang suka minum cappuccino menyukai busa susunya yang unik.
Apa itu latte?
Latte dikenal sebagai kopi susu, dengan lapisan busa halus yang menjadi keunggulannya. Latte asli terdiri dari satu atau dua espresso dengan banyak susu dan lapisan buih tipis di ujungnya. Elemen-elemen ini bergabung untuk menciptakan kopi susu yang seimbang sempurna dengan penampilan yang menyenangkan dan tekstur yang tak tertahankan.
Berikut beberapa es kopi yang enak:
1. es krim kopi
Ini adalah campuran kopi dingin dan es krim. Dibandingkan dengan es kopi biasa, kopi ini lebih manis dan sejuk. Teman-teman yang suka makan es krim harus memilih untuk mencobanya.
2. es cappucino
Kopi ini dibuat dengan melapisi espresso Italia, susu dan busa susu dalam proporsi tertentu dan menambahkan es batu. Kopi ini memiliki kepahitan kopi dan manisnya busa susu. Bagi teman-teman yang suka cappucino, kopi ini akan lebih menyegarkan.
3. Es Kopi Madu
Kopi ini merupakan minuman yang terbuat dari kopi dingin, madu, dan es batu. Dibandingkan dengan es kopi murni, es kopi dengan tambahan madu akan memiliki rasa yang sedikit manis, tanpa rasa asam dari es kopi murni. Jika Anda ingin minum kopi murni tapi tidak ingin merasakan pahitnya, Anda bisa memilih ini.
Meski minuman kopi itu baik, sebaiknya jangan minum terlalu banyak, karena kopi kaya akan kafein. Minum terlalu banyak akan menyebabkan aritmia, yang akan membahayakan kesehatan jantung dan mudah menyebabkan penyakit jantung. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah besar tidak hanya akan membahayakan kesehatan jantung, tetapi juga mempengaruhi penyerapan nutrisi lain oleh tubuh, dan itu akan menyebabkan hilangnya kalsium, dan orang-orang rentan terhadap osteoporosis dan gejala buruk lainnya.
Perhatikan waktu minum kopi. Kopi mengandung banyak kafein, yang dapat merangsang saraf otak setelah masuk ke tubuh manusia. Oleh karena itu, setelah minum kopi di malam hari, dapat menyebabkan tubuh manusia mengalami gejala detak jantung yang cepat dan tekanan darah yang meningkat, serta mengurangi sekresi melatonin, sehingga mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Karena itu, sebaiknya jangan minum kopi terlalu larut.