Hill Station Di India
Siapa bilang liburan ke India itu bisanya cuman pas musim panas saja? Kenyataannya enggak kok, negara ini juga menarik sekali dijadikan destinasi traveling untuk merasakan salju.
Destinasi pelepas hawa gerah yang dibangun di atas ketinggian 1.000-2.500 dari permukaan laut ini mereka sebut hill station. Ada ratusan hill station yang kini dibuka sebagai destinasi wisata. Berikut ini hill station yang disebut berpemandangan paling indah:
• Queen of Hills, Shimla
Shimla ini adalah tontotan musim dingin dimana banyak orang berkumpul untuk menikmati berbagai kegiatan di atas salju. Kegiatan tersebut mulai dari seluncur es, gelanggang ice skating hingga menikmati arsitektur dari era Kolonial. Shimla akan dilaksanakan selama Bulan Desember hingga Februari.
Anda juga bisa mencoba berkunjung ke Narkanda yang hanya berjarak dua jam dari Shimla. Lokasi ini merupakan puncak bersalju dengan matahari musim dingin.Bahkan tempat ini juga dikenal sebagai negeri ajaib musim dingin. Kegiatan yang paling banyak disukai untuk dilakukan di sini adalah permainan ski, mendaki Shivalik dan menjelajah kebun apel.
• Manali, Himachal Pradesh
Ketika pertama kali menjejakkan kaki di sini turis langsung disambut oleh pegunungan salju dan hutan lebat. Ski, kemah, trekking, dan rafting menjadi kegiatan wisata yang sering dilakukan turis di sini. Solang Valley, Rohtang Pass, dan berbagai kuil Tibet juga menjadi objek wisata populer di Manali.
• Nainital, Uttarakhand
Masih dalam satu negara bagian dengan Auli, Nainital juga menjadi hill station idaman para turis saat musim dingin. Kota cantik ini memiliki sebuah danau berbentuk buah pir yang dilingkupi dengan lembah dan puncak berselimut salju. Untuk menjangkaunya dari Delhi, tersedia beragam moda transportasi yang bisa kamu pilih.
Salah satu atraksi paling populer di Nainital adalah menaiki kereta gantung ke Snow View Point dengan panorama kota dan lembah yang memukau. Sempatkan pula untuk berbelaja baju hangat di Mall Road, bermain di danau Naini, hingga menikmati Nainital Winter Carnival dengan nuansa vibran.
• Darjeeling, Bengal Utara
Kota ini dikenal sebagai produsen teh darjeeling yang digemari oleh Kerajaan Inggris dan dunia. Selain kebun teh, pemandangan Gunung Kanchenjunga juga nampak indah. Jangan lupa untuk menumpang Toy Train untuk mampir ke Danau Senchal, Ghoom Monastery, dan Observatory Hill.
• Shimla, Himachal Pradesh
Shimla adalah ibu kota negara bagian India utara, Himachal Pradesh, yang berlokasi di kaki bukit Himalaya. Shimla menjadi salah satu hill station paling populer di India berkat kemegahan dan pesona kolonial yang begitu memukau. Mulai dari landmark agama hingga gang perbelanjaan yang tak pernah sepi di Mall Road.
Tak hanya itu, kamu bisa menemukan ketenangan disekitar kawasan hutan lindung Mashobra, menunggangi kuda ke Kufri, belajar ski di Narkanda, hingga trekking ke area perkebunan apel di Rohru.
• Manali di Himachal Pradesh
Manali memiliki pemandangan puncak Himalaya yang tertutup salju dan lembah yang luar biasa indahnya. Sehingga ini menjadi tempat yang indah sepanjang tahun bahkan mungkin yang terbaik di musim dingin. solang valley adalah destinasi wisata yang harus dikunjungi untuk anda yang memang memiliki jiwa petualang karena ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sana seperti bermain ski, berkuda hingga paralayang sambil menikmati salju di India. Dan jika anda tertarik menjajal ketinggian dengan pemandangan gugus pegunungan himalaya yang speltakuler, kunjungi Rohtang Pass.
• Jammu dan Kashmir
Dua lokasi ini adalah tempat yang sangat tepat untuk menikmati salju di India dengan keindahan luar biasa. Anda bisa menikmati kegiatan menyenangkan di atas hamparan salju yang putih atau sekedar menaiki kereta gantung untuk melihat lebih jauh pemandangan musim dingin luar biasa yang disebut Gulmarg.
Selanjutnya adalah Sonamarg yang memiliki hamparan salju putih dari Bulan November hingga April. Anda akan menemukan gletser Thajiwas, danau beku dan karpet salju yang begitu indah karena semua hamparannya terlihat putih bersih. Lokasi ini memang pilihan yang sangat tepat untuk menikmati salju dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan di musim dingin sperti ski, wahana kereta luncur hingga bermain seluncur salju.
Nah, itu rekomendasi destinasi wisata hill station di India. Semoga bermanfaat!