Wisata Di Gurun Pasir
Destinasi wisata di Indonesia memang beragam. Gak cuma pantai dan gunung, kamu juga bisa berlibur ke padang pasir. Rasanya seolah-olah berada di kawasan Timur Tengah, wisata satu ini bakal bikin kamu takjub.
Tak perlu jauh-jauh ke Dubai atau negara lain di Timur Tengah untuk menikmati pemandangan gurun pasir yang eksotis. Indonesia juga punya beberapa spot wisata gurun pasir yang menarik untuk disambangi. Di tempat ini, Anda tidak hanya disuguhkan panorama hamparan pasir yang memukau, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dijajal.
Berikut tujuh rekomendasi wisata padang pasir di Indonesia yang bisa kamu kunjungi :
• Gurun Pasir Telaga Biru
Selanjutnya ada Gurun Pasir Telaga Biru di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Sesuai dengan namanya, sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan panorama hamparan pasir putih yang berhiaskan telaga-telaha air berwarna biru. Sekilas tampilannya seperti oase.
Siapa sangka, dulunya gurun pasir ini merupakan area penambangan pasir bauksit yang sudah mengeras. Aktivitas penambangan sudah dihentikan sejak masa pemerintah Presiden Soeharto.
• Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir di Yogyakarta ini merupakan salah satu gurun pasir di Indonesia yang paling tersohor di kalangan wisatawan. Apalagi ditambah fakta bahwa hanya ada segelintir saja gumuk pasir atau sand dune di dunia. Tak heran jika destinasi yang berlokasi di Kabupaten Bantul ini jadi kebanggaan warga Yogyakarta.
Pemandu dari Jogja Geowisata, Ikramullah Sultana menjelaskan kepada Kompas.com 2016 lalu bahwa tipe gumuk pasir di sana adalah tipe barchan atau memiliki ketinggian 5-15 meter. Dengan ketinggian ini, Gumuk Pasir Parangkusumo cocok menjadi lokasi sandboarding.
• Gumuk Pasir Sumalu
Pulau Sulawesi juga punya wisata padang pasir, lho. Gumuk Pasir Sumalu namanya. Berbeda dengan kebanyakan gurun pasir, tekstur tanahnya cenderung padat dengan bukit-bukit hijau yang mengelilingi.
Biar seru, kamu bisa berseluncur dari atas gumuk, tapi harus tetap berhati-hati. Kalau hanya ingin menikmati suasananya, singgahlah sampai sore hari, karena kamu bisa menyaksikan keindahan langit senja di sini.
• Pasir Berbisik
Destinasi wisata satu ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Kalau sedang mendaki Gunung Bromo, wajib banget mampir ke sini. Hamparan pasirnya cenderung berwarna kehitaman, berbeda dengan padang pasir lain.
Sesekali kamu akan mendengar pasir-pasir tersebut berbisik kalau kamu mendekatkan telinga ke hamparan pasir. Kamu bisa menikmati keindahan alam sambil menunggangi kuda.
• Padang Pasir Kersik Luway
Kalau kebanyakan padang pasir berada di pinggir pantai, lokasi yang satu ini malah berada di dalam hutan belantara. Sekitar 500 hektare pasir putih dikelilingi hutan lebat, seolah menjadi penjaga wisata tersebut.
Meski infrastruktur dan aksesnya belum memadai, berwisata sambil menjelajah hutan bisa jadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa melihat beragam flora langka, seperti kantong semar, pardu, dan anggrek hitam.
• Gurun Pasir di Pantai Oetune
Destinasi pertama ada gurun pasir di Pantai Oetune, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan laut yang indah saja. Di pesisir pantai terdapat pohon Kasuari yang berusia puluhan tahun.
Itulah tujuh wisata padang pasir paling terkenal di Indonesia yang bisa jadi referensi. Semoga bermanfaat!