Galaksi Di Alam Semesta
NASA Space Place menjelaskan macam galaksi adalah kumpulan besar dari gas, debu, dan milyaran bintang serta tata surya yang semuanya disatukan oleh gravitasi. Galaksi disebut pula ledakan bintang. Ledakan bintang yang indah ini sebenarnya jarang untuk diamati.
Galaksi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah tatanan alam semesta. Galaksi adalah sekelompok bintang yang membentuk suatu sistem. Galaksi terdiri lebih dari satu benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainya. Dalam ilmu astronomi, galaksi adalah suatu sistem yang terdiri dari bintang, debu, dan gas yang luas.
Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), ada delapan planet dalam tata surya. Urutan planet dari yang terdekat dengan Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Neptunus. Setiap planet memiliki karakteristik dan kandungan atmosfer yang berbeda. Selain planet, di dalam sistem tata surya juga terdapat galaksi. Sistem tata surya matahari dan delapan planet termasuk dalam galaksi Bima Sakti. Selain Bima Sakti, ada berbagai jenis galaksi dan bentuknya.
• Galaksi Ursa Mayor
Galaksi Ursa Mayor merupakan macam galaksi berikutnya. Macam galaksi Ursa Mayor ini memiliki jarak hingga 10 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini biasanya sering dikenal dengan nama galaksi beruang besar.
Ursa Mayor sering dikenal oleh nusantara karena terlihat sebagai tujuh bintang terang yang berguna bagi kapal dan juga perahu sebagai patokan saat berlayar di malam hari. Jumlah bintang pada macam galaksi Ursa Mayor ada 6. Galaksi Ursa Mayor bisa dilihat di langit kutub utara.
• Galaksi Pusaran Air
Macam galaksi berikutnya adalah galaksi pusaran air. Galaksi Pusaran menjadi target populer para astronom profesional agar bisa dipelajari struktur dan juga memahami lengan spiral yang dihasilkan oleh galaksi atau tata surya ini.
Munculnya radio astronomi juga membantu dengan tegas bahwa adanya macam galaksi Pusaran Air dan galaksi pendamping disekitarnya. Jarak galaksi ini dengan Bimasakti sekitar 14 juta tahun cahaya. Bagian pokok galaksi ini ada bintang yang begitu jelas dan memiliki bentuk tidak teratur.
• Galaksi Centaurus
Galaksi Centaurus ini memiliki jarak sekitar 11 juta tahun cahaya dari Bumi. Centaurus adalah salah satu radio macam galaksi yang berada dekat Bumi. Galaksi ini hanya terlihat dari lintang utara dan belahan bumi bagian selatan.
• Galaksi Sunflower
Macam galaksi yang terakhir adalah Sunflower. Galaksi dengan nama yang indah ini juga biasa disebut Galaksi Messier 63 (M63).
Galaksi ini adalah entri ke-63 dalam katalog benda langit yang dibuat oleh astronom Prancis, Charles Messier, yang diterbitkan pada tahun 1781. Diberi nama yang seperti bunga karena spiral yang rapat di banyak lengannya, yang mengingatkan kita pada pola bunga matahari.
Sunflower berjarak sekitar 27 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Canes Venatici, dan merupakan bagian dari M51 Group, kumpulan galaksi yang juga muncul di katalog Messier. Cahaya terang yang menerangi galaksi ini dihasilkan dari bintang raksasa biru-putih yang baru terbentuk.
Galaksi Centaurus Galaksi ini merupakan galaksi yang biasa dikenal dengan nama NGC. Galaksi ini memiliki jarak sekitar 11 juta tahun cahaya dari Bumi. Centaurus adalah salah satu radio galaksi yang berada dekat Bumi. Galaksi ini hanya terlihat dari lintang utara dan belahan bumi bagian selatan.
• Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda dapat dilihat langsung dari Bumi ketika langit malam dalam keadaan cerah. Penampakan galaksi ini akan terlihat seperti kabut tipis di langit utara. Galaksi Andromeda berbentuk spiral.
• Galaksi Bimasakti
Macam galaksi berikutnya adalah Galaksi Bimasakti. Galaksi ini merupakan galaksi besar yang ditempati oleh manusia saat ini, dimana bumi terdapat didalamnya. Macam galaksi Bimasakti terdiri dari 400 milyar bintang lebih dengan diameter sekitar 130 ribu tahun cahaya.
Galaksi Bimasakti ditemukan pada 18 Juli 1783 dan juga dikenal sebagai galaksi Milky Way. Galaksi Bima Sakti memiliki berat sekitar 700 miliar hingga 2 triliun kali lebih berat dari Matahari. Macam galaksi ini merupakan salah satu galaksi yang memiliki berbagai benda angkasa di dalamnya dan bergerak dengan sangat teratur.
Itulah jenis galaksi yang ada di alam semesta. Semoga bermanfaat!