Asal Usul Warna Pasir Pantai
Kebanyakan orang memanfaatkan pasir pantai sebagai metode untuk relaksasi dan juga metode untuk kecantikan. Bahkan main pasir juga ada manfaatnya bagi si anak itu sendiri.
Kata beberapa orang, warna pasir menjadi pertimbangan pertama untuk berkunjung ke pantai. Karena semakin warnanya menarik, akan membuat betah di sana. Secara ilmiah, seluruh warna pasir pantai di dunia bisa berbeda-beda disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah karena dipengaruhi oleh proses erosi yang terjadi, mineral dari bebatuan atau pun hewan laut yang ada di sekitar pantai.
Dari banyak warna pasir pantai unik di dunia, inilah ulasan pasir pantai selain warna putih :
• Merah
Mineral besilah yang berperan dalam membuat pasir berwarna merah. Karat yang dihasilkan dari pertemuan besi, air laut dan oksigen akan membentuk partikel-partikel kecil yang akhirnya menutupi pantai.
• Merah muda alias pink
Kamu pasti tidak asing lagi dengan pantai yang berwarna pasir merah muda. Ada banyak pantai merah muda, termasuk di Indonesia. Misalnya seperti Pantai Tangsi di Lombok dan Pantai Merah di Taman Nasional Komodo.
Selain kedua pantai tersebut, kamu harus banget mencoba berkunjung ke Horshoe Bay di Southampton atau Pink Sand Beach di Bahamas. Warna merah muda ini biasanya disebabkan adanya pecahan batu koral, kerang, dan kalsium karbonat.
• Kuning
KIta pasti sudah sering melihat pasir pantai berwarna kuning di Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki pasir pantai berwarna kuning. Salah satu pantai berpasir kuning yang terkenal adalah Pantai Dreamland di Bali.
• Ungu
pasir pantai berwarna ungu juga sangat jarang. Warna ungu berasal dari percampuran deposit kwarsa dan mangan. Pencampuran tersebut berasal dari luruhan dinding bukit di sekitarnya. Pantai yang memiliki pasir berwarna ungu ini bisa kamu jumpai di Big Sur, California. Penduduk sekitar paling suka berkunjung ke sini sesaat setelah hujan.
• Orange
Lingkungan sekitar pantai menandakan kuarsa dan mineral telah terkikis. Biasanya jika dilihat dengan kaca pembesar, lebih banyak kandungan batu dan mineral. Kemudian efek warna oranye terjadi karena kehadiran Feldspar. Kumpulan mineral yang terkandung dalam Fdeldspar adalah Kalium, Natrium dan Kalsium aluminosilikat.
• Hitam
Kata Ilmuwan, warna hitam pada pasir pantai disebabkan aktivitas gunung vulkanik disekitar pantai. Batuan Basal yang ada pun tercipta dari larva yang telah mendingin. Magma yang bertemu ombak, akhirnya membeku dan berangsur lama akan menjadi butiran-butiran halus yang menutupi pantai. Sehingga permukaan pasir berwarna hitam.
• Hijau
Mineral Olivin berperan besar dalam pewarnaan pasir pantai ini. Mineral ini berasal dari puncak gunung berapi yang sudah tidak aktif. Magma yang lama membeku bercampur air laut menyebabkan warna hijau.
Nah itulah macam warna pasir pantai dan asal usulnya yang tersebar di dunia.