Pisang
Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis. Pisang merupakan komoditas hortikultura keempat yang terpenting setelah beras, susu, dan gandum. Dalam pisang terkandung Karbohidrat, Kalsium, Vitamin C, dan Betakarotein.
Buah Pisang memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi, anemia, strok, kanker paru-paru dan lambung. Indonesia merupakan salah satu pusat keragaman pisang, baik konsumsi buah segar maupun sebagai bahan olahan. Pisang telah menjadi salah satu buah yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara-negara tropis, seperti Indonesia.
Selanjutnya, beri tahu kamu 5 buah pisang yang umum di Indonesia dan ciri-cirinya!
1. Pisang Raja
Pisang raja memiliki ciri-ciri buah yang melengkung sedikit keatas, kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang buah ini berwarna kuning orange, dengan aroma yang harum dan rasanya yang legit dan manis.
2. Pisang Ambon Lumut
Pisang ambon lumut berbentuk lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm dengan kulit yang cukup tebal. Keunikan dari pisang ambon yaitu tetap berwarna hijau meskipun sudah matang. Namun jika sudah terlalu matang warnanya kekuning-kuningan bercak coklat. Pisang ini memiliki aroma yang harum dengan tanpa biji.
3. Pisang Barangan
Ciri-ciri pisang barangan yaitu bertekstur lurus degan panjang sekitar 11 cm dan berdiameter 30 mm. Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih, rasanya manis dan tidak berbiji. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara pesta.
4. Pisang Raja Sereh
Ciri fisik dari buah ini yaitu warna kuning kecoklatan namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Daging berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasa sedikit asam.
5. Pisang Mas
Sesuai dengan namanya pisang ini memiliki warna keemasaan saat matang dengan kulit yang tipis. Tekstur yang halus dengan daging buah yang beraroma harum dan manis. Sangat cocok untuk dimakan langsung dan digoreng.
Jadi, mengapa makan pisang setelah berolahraga lebih baik untuk kesehatan Anda? Saya akan memberi tahu Anda jawabannya selanjutnya!
Pisang mengandung banyak energi yang membuat seseorang bisa menghilangkan keletihannya seketika.
Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan
1. Mencegah tekanan darah tinggi
2. Mencegah kelelahan dan memperpanjang umur
3. Pencegahan dan pengobatan tukak lambung
4. Mencegah sembelit
5. Mencegah insomnia
Selain manfaat dan khasiat buah pisang seperti di atas masih banyak lagi manfaat buah pisang untuk kesehatan. Secara umum buah pisang adalah buah sehat dikonsumsi kapan saja.
Jadi, salah satu cara menjalankan program diet adalah mengkonsumsi pisang secara teratur. Ia kaya energi dan menyegarkan.
Setelah membaca artikel ini, kamu pasti tahu manfaat dan jenis buah pisang, kan! Berharap untuk membantu Anda.