Stroberi
Siapa sih yang tak kenal buat buah Stroberi? Bahkan mungkin Anda dan keluarga adalah penggemar buah ini. Ternyata selain rasanya yang segar untuk dimakan, buah stroberi juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.
Stroberi atau Strawberry memiliki nama ilmiah Fragaria x anannassa. Buah ini menjadi salah satu yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Varietas stroberi yang ditanam di Indonesia antara lain adalah Sweet Charlie, Oso Grande, Tristrar, Nyoho, Hokowaze, Rosa Linda, dan Chandler. Pada umumnya, buah stroberi bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah lagi, tetapi buah ini juga sering kita temukan dalam bentuh olahan lainnya seperti, buah beku, jus, bubuk minuman, selai, sirup dan jeli.
Fakta Menarik Stroberi:
Di Amerika Serikat, stroberi termasuk dalam sepuluh besar makanan kecantikan. Wanita sering makan stroberi, yang memiliki efek perawatan kesehatan pada kulit dan rambut. Stroberi dikenal sebagai "buah ajaib" di Jerman. Stroberi juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung zat yang disebut asam aspartat, yang secara alami dan lembut menghilangkan kotoran dari tubuh. Selain itu, zat pektin dan serat makanan dalam stroberi dapat merangsang usus, meningkatkan peristaltik saluran pencernaan, membuat tinja halus, dan dapat membantu dalam pengobatan sembelit, sehingga mencapai efek penurunan berat badan. Makan beberapa stroberi setelah makan dapat menguraikan lemak makanan dan memperlancar pencernaan.
Manfaat Stroberi untuk Kesehatan
Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada beberapa manfaat stroberi yang dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu:
1. Menyehatkan saluran cerna
2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
3. Menjaga tekanan darah tetap stabil
4. Mengontrol kadar gula darah
5. Mencegah penyakit jantung
Tak hanya itu, stroberi juga tinggi serat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebih pun akan berkurang.
Namun, tak hanya dengan mengonsumsi stroberi, Anda juga perlu berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari serta menghindari konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak untuk menjaga atau menurunkan berat badan.
Meski manfaat stroberi cukup banyak, Anda tetap perlu memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlan stroberi yang kondisinya baik dan terlihat segar. Jangan lupa juga untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
Anda dapat mengonsumsi stroberi secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau mencampurnya dengan salad buah. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi.
Semoga artikel kecil tentang stroberi ini membantu Anda! Terima kasih untuk koleksinya!