Buah Anggur
Buah anggur yang termasuk dalam genus Vitis adalah tanaman merambat yang gugur dan salah satu tanaman tertua di dunia.Anggur berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara.
Menurut data arkeologi, daerah paling awal di mana anggur dibudidayakan adalah antara Laut Kaspia dan Laut Hitam di Asia Kecil dan pantai selatannya. Anggur adalah buah yang telah banyak dikenal dan mudah ditemukan hampir diseluruh dunia. Banyak orang yang akan terpesona dengan buah yang manis dan lezat ini. bahkan selain memiliki kelezatan yang memikat lidah kita, buah anggur juga dikenal memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.
Di Indonesia sendiri, anggur dikenal sekitar tahun 1682. Pada tahun 1682-an tanaman buah anggur ini mulai dibudidaya di daerah Bayuwangi & Besuki. Pada tahun 1899 anggur dari Probolinggo yaitu jenis biru (ungu) dan putih mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, kemudian sekitar tahun 2002 berkembang menjadi buah anggur varietas Probolinggo super dan Prabu Bestari.
Buah anggur memiliki berbagai jenis varian, seperti anggur merah, anggur hijau, anggur ungu, dan lain-lain. Untuk konsumsi, anggur bisa diolah menjadi selai anggur, jus anggur dan juga kismis. Manfaat anggur untuk kesehatan bisa sangat beragam, karena buah anggur memiliki nutrisi dan vitamin yang penting untuk tubuh.
Anggapan banyak orang tentang kualitas buah anggur di Indonesia yang baik dan bermutu hanya di Impor saja kini perlahan lahan mulai terbantahkan karena kini tidak hanya daerah Probolinggo saja yang menanam dan menghasilkan anggur yang baik dan bermutu, tetapi di Ujungpandang, Nusa Tenggara Timur dan Tapanulit juga telah banyak ditanm dan dibudidayakan buah anggur.
Jika dibandingkan dengan kawasan subtropis, Indonesia sebagai negara tropis sebenarnya produktifitas buah anggur di Indonesia memiliki beberapa keunggulan, disamping beberapa kelemahannya.Produktifitas buah anggur dikawasan tropis memang lebih rendah bila dibandingkan dengan kawasan subtropis. Tetapi panen anggur dikawasan subtropis hanya bisa dilakukan sekala dalam setahun sedangkan di Indonesia bisa dilkukan hampir tiga kali panen dan saat panennya pun dapat diatur sepanjang tahun.
Khasiat buah anggur ini banyak sekali, biar saya kasih tau 3 :
1、Mengurangi risiko diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi tiga porsi anggur, blueberry kismis, apel, atau pir per minggu, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidan, hingga diyakini baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
2. Mencegah penyakit kanker
Kulit dan ekstrak biji buah anggur mengandung bahan alami yang mampu membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk mulut, esofagus, faring, paru-paru, endometrium, usus besar, pankreas, dan prostat.
3. Mencegah Sembelit
Konsumsi makanan yang tinggi kandungan air seperti anggur, semangka, maupun melon dapat membantu untuk menjaga anda tetap terhidrasi dan buang air besar secara teratur. Buah anggur juga mengandung serat, yang penting untuk meminimalkan terkena sembelit.
Tentu masih banyak lagi manfaat buah anggur, perhatikan kami, nanti akan kami update lebih banyak lagi ilmunya!