Jeruk keprok
Jeruk keprok struktur khusus, kulit luarnya cukup keras, berwarna hijau ketika mentah, dan kuning, oranye, dan merah ketika matang, mesocarp berwarna putih susu atau kuning muda, banyak jus, bagian yang dapat dimakan.
Jeruk keprok sering disebut buah malas, karena jeruk tidak perlu dicuci atau dikupas, dan sangat enak untuk dimakan, sehingga selalu menjadi buah yang populer di mata orang Indonesia.
Buah jeruk keprok merupakan buah-buahan dari keluarga jeruk. Jeruk ini biasa disebut juga dengan citrus reticulata yang memiliki pohon dengan tinggi 2 hinnga 8 meter. Kemudian bentuk daunnya bulat memanjang dan bergerigi. Tanaman ini merupakan tanaman asli Melayu (Malaysia-Indonesia), Tetapi dengan penyebarannya saat ini telah mencapai semua daerah subtropis maupun tropis yang ada di dunia.
Jeruk ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan karena kandungan vitamin yang ada di dalam buahnya. Untuk kandungan yang ada di dalamnya yaitu vitamin A, B1, B2 dan C, alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, asam folat, minyak atsiri, zat besi, kalium, potassium, fosfor, kalsium, nobiletin dan masih banyak lagi kandungannya. Tentu dengan kandungan tersebut yang ada di buah ini memiliki berbagai macam jenis manfaat dan khasiat. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah jeruk keprok untuk kesehatan ?
1. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk keprok dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan besar untuk membantu tubuh memproduksi kolagen, yakni zat yang membuat kulit terlihat awet muda.
Selain itu, vitamin C juga diyakini bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
2. Mencegah kanker
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa flavonoid, limonoid, hingga coumarin yang ditemukan di dalam buah sitrus dapat mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara hingga kanker lambung. Berbagai senyawa ini juga dipercaya dapat mencegah munculnya tumor di paru-paru dan usus besar.
4. Menurunkan risiko stroke
Jika anda mengonsumsi buah ini dengan teratur, maka bisa membantu anda dalam menurunkan resiko stroke sebesar 4%. Jadi, dalam melakukan rutinitas mengonsumsi jeruk ke dalam diet harian bisa menurunkan resiko terkena stroke 5 kali lebih baik dibandinkan dengan buah lainnya.
Kulit Jeruk Keprok, Kandungan Senyawa Kimiawi , Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan.Dapat membantu Menghaluskan serta mencerahkan warna kulit, serta dapat  menghambat proses penuaan dini. Dapat Menghilangkan bau badan atau bau bau mulut. Jika Anda habis makan yang berpotensi bau mulut, seperti bawang putih, bisa ditawarkan dengan kulit jeruk keprok. Caranya, gigit dan hisap sedikit.
Jeruk keprok benar-benar harta karun. Daging buahnya kaya akan nilai gizi, dan kulitnya dapat digunakan sebagai bahan obat. Begitu banyak manfaat yang pasti mengejutkan Anda, jadi pergilah dan coba!
Apakah Anda menyukai artikel ini? Saya harap Anda menyukai artikel kami saat Anda menyukai jeruk. Jika itu membantu Anda, silakan bookmark!