Manfaat Anggur
Anggur manis dan asam, menjadikannya salah satu dari empat buah utama di dunia (apel, anggur, jeruk, dan pisang). Nilai gizi buah anggur sangat tinggi, mengandung vitamin b, vitamin C, vitamin p, kalsium, fosfor, kalium, zat besi dan berbagai asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mari kita lihat apa efek dan fungsi buah ini pada akhirnya!
Glukosa Tambahan
Gula dalam anggur terutama adalah glukosa, yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Ketika hipoglikemia terjadi dalam tubuh manusia, jika Anda minum jus anggur tepat waktu, gejalanya bisa hilang dengan cepat.
Mengurangi Risiko Kanker
Salah satu manfaat buah anggur adalah melindungi Anda dari risiko kanker. Kandungan polifenol dalam anggur memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Salah satu bentuk polifenol adalah resveratrol, yang biasa ditemukan dalam anggur merah.
Resveratrol dapat mengurangi risiko tumor kelenjar getah bening, kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker kulit. Selain resveratrol, ada juga quercetin yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.
Pencegahan Pembekuan Darah
Ilmuwan Perancis menemukan bahwa anggur dapat mencegah pembekuan darah lebih baik daripada aspirin, dan dapat mengurangi tingkat kolesterol serum dalam tubuh manusia, mengurangi kohesi trombosit, dan memiliki efek tertentu pada pencegahan penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.
Peningkatan Gen Pembasmi Kuman
Manfaat anggur dalam meningkatkan gen kuman telah dipelajari di Amerika Serikat. Studi telah menemukan bahwa anggur mengandung senyawa pterostilbene. Senyawa ini meningkatkan aktivitas gen cathelicidin antimikroba peptide (CAMP). Gen CAMP menghasilkan protein yang membantu melawan infeksi bakteri. Studi ini menguji beberapa senyawa dan mencari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP.
Oleh karena itu, ada dua senyawa yang dapat meningkatkan aktivitas CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. Kulit anggur mengandung resveratrol dalam jumlah tinggi, yang juga ada dalam buah anggur. Sementara itu, pterostilbene banyak terdapat pada blueberry dan anggur.
Menjaga Kesehatan Mata
Buah ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata. Fungsi antioksidan akan mengurangi stres oksidatif yang terjadi di dalam tubuh, salah satunya di retina. Kerusakan retina dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata.
Saat kita makan buah anggur, kita juga bisa mencocokkan beberapa buah lain, yang memungkinkan tubuh kita menyerap nutrisi yang lebih seimbang.