Manfaat Buah Kesemak
Buah kesemek merupakan buah yang kurang populer di Indonesia. Buah ini memiliki tampilan yang cukup unik, yaitu seperti tomat berwarna oranye, dan rasa yang manis seperti madu. Meski tidak sepopuler buah-buahan lainnya, manfaat buah kesemek tak bisa disepelekan.
Dalam buah kesemek terdapat banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin C, asam folat, mangan, dan serat. Selain itu, buah ini juga bisa menjadi sumber berbagai macam antioksidan, vitamin B6, thiamin, riboflavin, folat, magnesium, dan fosfor yang cukup baik. Buah kesemek dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang dapat Anda rasakan.
1. Membantu Melawan Kanker
Dengan mengandung antioksidan yang tinggi, maka buah ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu melawan penyakit kanker karena memiliki banyak kandungan vitamin A.
2. Menjaga Kesehatan Mata
Dilihat dari kandungan gizinya, buah kesemek cukup kaya akan kandungan vitamin A dan antioksidan. Buah ini mengandung sekitar 55 persen asupan vitamin A dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin A ini adalah salah satu komponen penting untuk pembentukan rhodopsin, yakni sejenis protein yang dibutuhkan tubuh supaya mata bisa berfungsi dan melihat secara normal.
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kesemek adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki manfaat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbat pada buah kesemek mampu memenuhi sekitar 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian Anda. Karena itul, vitamin C yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah kesemek secara teratur bermanfaat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan umum, seperti batuk, pilek, dan flu.
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Buah kesemek ternyata hanya memiliki lemak total sebesar 0,19 gram, itu berarti bahwa buah ini hampir tidak megandung lemak di dalamnya. itulah sebabnya mengapa buah ini dapet bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga dapat dijadikan sebagai cemilan sehat yang tidak membuat gemuk.
Kesimpulannya kesemek adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan. Namun, beberapa orang perlu berhati-hati jika makan terlalu banyak dalam sekali makan. Hal ini karena mengonsumsi mengonsumsi kesemek dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek negatif. Jika kamu merasakan efek alergi setelah makan buah kesemek sebaiknya segera hubungi dokter.