Jus Nanas
Jus nanas adalah olahan yang memberikan asupan gizi dan nutrisi melimpah untuk tubuh (namun dengan cara tertentu). Rasanya manis dan aromanya harum, itulah dua ciri khas buah nanas.
Dan nanas adalah salah satu buah tersehat di dunia.Nanas secara alami mengandung vitamin peningkat kekebalan yang tinggi. Dan ketika diolah menjadi jus, jus nanas mengandung sejumlah besar nutrisi ini dan rasanya manis alami, kebanyakan jus nanas mengandung sedikit atau tanpa tambahan gula.
Nanas merupakan salah satu jenis buah bervitamin C tinggi dan merupakan salah satu jenis buah tropis. Inilah mengapa tumbuhan nanas dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Untuk membuat jus nanas sangatlah mudah, caranya anda hanya perlu mencuci dan mengupas buah nanas lalu memotongnya dan memasukkan ke dalam juicer ataupun blender. Agar lebih segar, anda bisa menambahkan es batu. Selain sebagai minuman penghilang dahaga berbeda dengan manfaat buka puasa dengan kurma, jus nanas memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan.
Manfaat jus nanas bagi kesehatan
1. Memiliki sifat anti peradangan
2. Menurunkan risiko penyakit jantung
3. Mencegah katarak
4. Membantu meningkatkan kesuburan
5. Berpotensi sebagai agen antikanker
6. Melawan penuaan dan penyakit
Wow, banyak sekali manfaat jus nanas! Anda menyukainya? Jadi bagaimana cara membuat secangkir jus nanas yang lezat, izinkan saya memberi tahu Anda!
1.Pilih nanas yang tepat. Apabila belum masak, nanas akan asam. Akan tetapi, apabila terlalu masak, rasanya mungkin akan terlalu manis. Memilih nanas yang tepat merupakan langkah terpenting membuat jus nanas yang lezat.
2.Potong batang nanas.
3.Kupas nanas.
4.Buang mata nanas.
5.Potong nanas menjadi bingkahan.
Setelah itu, masukkan nanas yang sudah dipotong-potong ke dalam juicer, bersama dengan bumbu seperti garam, gula, dll. Tambahkan air dalam jumlah tertentu. Tunggu beberapa saat setelah menyalakan juicer, dan secangkir jus nanas yang lezat sudah siap!Menggunakan blender akan menghasilkan jus yang lebih sehat yang memiliki lebih banyak volume dibandingkan apabila menggunakan juicer buah. Juicer cenderung menyaring zat padat, sedangkan blender hanya menghancurkanya. Jus hasil blender biasanya lebih kental dan terasa sangat nikmat. Namun, apabila terganggu dengan masalah tekstur, Anda mungkin lebih suka menyaringnya, atau menggunakan juicer buah.Tambahkan es untuk tekstur yang lebih dingin dan lembut.
Perhatikan hal ini sebelum minum jus nanas
Meski mengandung vitamin dan mineral, jus nanas ternyata memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi sehingga lebih baik jangan mengonsumsinya secara berlebihan.
Selain itu, hindari mengonsumsi minuman nanas kalengan karena ini biasanya hanya air gula yang diberi perasa. Dikhawatirkan hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah Anda menjadi naik.
Setelah mengonsumsi jus nanas, sebagian orang mungkin akan merasakan efek samping, seperti tidak nyaman di mulut, bibir, atau lidah karena kandungan enzim bromelain. Mengonsumsi bromelain dalam jumlah yang tinggi bahkan dapat menyebabkan ruam, diare, dan muntah.
Bromelain juga dapat mengganggu kerja beberapa jenis obat, seperti antibiotik, pengencer darah, dan antidepresan. Keasaman dalam jus nanas pun bisa memperburuk keadaan penderita GERD. Sehingga, mengonsumsi jus nanas untuk diet haruslah memperhatikan kondisi lambung.
Apakah Anda puas dengan segelas jus nanas ini? Jika Anda puas, bookmark artikel ini!