Negara Fjord
Seperti apa fjord terindah di dunia, Norwegia akan memberi Anda jawabannya. Di Norwegia, keindahan fjord tidak monoton, atau panjang dan sempit, atau dalam dan lebar, diselingi sungai dan pegunungan, dan dihiasi dengan air terjun dan gletser.
Dipaksa oleh lingkungan, orang-orang Viking telah pandai berlayar sejak zaman kuno dan bolak-balik di antara fjord. Sekarang mereka telah mengembangkan lebih banyak cara untuk menikmati keindahan. Saat Anda naik kereta melewati pegunungan, berkendara melalui jalan yang indah, mengabaikan fjord, jalan menuruni gunung berakhir di air yang jernih dan damai, perjalanan selanjutnya adalah berperahu. Oleh karena itu, apakah itu berperahu, mengemudi, atau melintasi kereta api, alam dan keindahan Norwegia hanya akan mengikuti Anda sepanjang waktu. Ketika ketinggian berubah, keindahan juga akan berubah, dan akan selalu ada pesona yang tak ada habisnya.
The Eagle Road di Geirangerfjord dianggap sebagai salah satu dari 12 jalan mendebarkan di dunia, tetapi sebenarnya lebih dari jalan yang mendebarkan, terkenal dengan 11 "tikungan jepit" berturut-turut. Ini mungkin bukan fjord yang paling indah, tetapi sebagai situs warisan dunia yang ditunjuk oleh PBB, Geirangerfjord cukup representatif. Puncak gunung tertutup salju putih sepanjang tahun, dan perahu berada di fjord. Pegunungan dan air terjun yang tak terhitung jumlahnya di kedua sisi sungai tampaknya menyambut Anda. Selain halus, lebih dinamis dan tidak kaku.
Sejauh fjord Norwegia yang bersangkutan, ketika Anda melihat Sognefjord terdalam dan tersempit di dunia, perjalanan ini tidak menyesal. Termasuk lebar dan sempit, megah dan halus. Sungguh mengejutkan melihat lereng curam dari dekat dan vertikal ke puncak setinggi 1.300 meter. Dalam jangkauan lebih dari 200 kilometer panjangnya, ada banyak anak sungai selain lebarnya, dan yang paling penting adalah Aurland Fjord. Sebagai "senjata gunung" untuk menciptakan keindahan fjord, Anda dapat merasakan energi yang terkandung dalam gletser yang tampaknya statis, menunggu untuk menciptakan sesuatu yang cemerlang lagi.
Gletser Brixdal sama sekali bukan keberadaan independen dibandingkan dengan fjord yang megah. Di bawah tubuh besar yang es dan murni ini, air lelehan yang mengalir dengan tenang berubah menjadi sungai dan masih mengukir aliran gunung.
Hanya ada keindahan fjord, dan terlalu banyak yang melelahkan untuk dilihat, dan kota kecil dengan orang-orang seperti suar di alam liar, yang membuat orang merasa kurang lebih tergantung. Kemudian pergi untuk melihat fjord yang indah di latar belakang, atap yang menjulang tinggi di kota yang hancur berkeping-keping, dikombinasikan dengan pegunungan dan sungai, tidak diragukan lagi merupakan tempat yang ideal untuk tinggal.
Entah itu ibu kota, kota abad pertengahan, atau kota perdamaian karena Hadiah Nobel Perdamaian diberikan di sini setiap tahun, Oslo adalah pintu gerbang ke Tanah Fjords. Bahkan dengan bangunan seperti Istana Kerajaan Tua abad ke-19 dan Balai Kota yang menandai sejarah Oslo sebagai kota kekaisaran dan ibu kota, selalu ada sesuatu yang menjadi cara kota itu mengekspresikan dirinya. Misalnya, di Taman Patung Vigeland, fragmen kehidupan yang diukir dengan cermat oleh pematung Gustave Vigeland selama 20 tahun, mungkin ini adalah satu-satunya tempat di dunia yang dapat menjawab pertanyaan tentang kehidupan. Masuk lebih dalam ke fjord, Alesund terletak di lengan fjord, tetapi dikenal dengan gayanya yang seragam, bangunan yang halus dan multi-warna.
Pada tahun 2011, "Guardian" Inggris pernah memasukkan Atlantic Road dalam daftar "World's Best Road Trips". Seluruh perjalanan hanya 36 kilometer, menyusuri pantai, dan beberapa jembatan yang dirancang dengan indah menghubungkan beberapa pulau kecil dan karang, naik turun, berkelok-kelok ke depan. Kedua sisi memiliki bidang pandang yang luas, dan Anda dapat melihat pegunungan yang dipisahkan oleh laut menunggu di depan. Sebelum lereng jembatan yang landai, tampaknya jalan berakhir di sini. Setelah lereng, itu mungkin "jalan menuju langit". Lewati laut di jalan dan ambil jalur kereta paling curam di lembah. Kota yang ditinggalkan di sebelah Aurlandsfjord disebut Flåm. Cara terbaik untuk mengunjungi fjord terindah dari Flåm adalah dengan naik kereta pemandangan terindah di dunia.
Sebagai salah satu kereta api pengukur standar paling curam di dunia, 80% perjalanan memiliki kemiringan 5,5%. Dalam perjalanan, Anda mendaki dinding lembah yang curam, air terjun yang menderu, dan 20 terowongan. Pemandangan di sepanjang jalan sudah mencakup semua hal terindah di lembah. Hanya satu jam perjalanan, dan proses mengandalkan alam yang paling indah terlalu singkat.