E-book dan Buku Fisik
Semakin banyak orang mulai membaca buku di Internet. Baik itu di bus, taman, atau kereta bawah tanah, setiap orang memiliki ponsel atau tablet di tangan mereka. Dibandingkan dengan buku kertas yang perlu dicetak dalam jumlah banyak, e-book hanya berupa file digital. Sejumlah e-book dapat masuk ke dalam e-reader. Perangkat e-reader sangat ringan dan ramping, sehingga mudah untuk membawa banyak buku dalam ruang yang sama.
Munculnya internet telah memungkinkan seseorang untuk mengakses e-book di mana saja dia merasa nyaman, baik itu di rumah, di tempat kerja, saat bepergian, dll. Bahkan, pengguna dapat memilih untuk mengakses e-book saat offline, atau mengunduh mereka sebelumnya dan mengaksesnya nanti.
Kedua, buku sering kali perlu dicetak ulang agar tetap up to date dengan informasi terbaru, yang seringkali memaksa penerbit dan penulis untuk menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mencetak ulang. Sebagian besar e-book terhubung ke Internet dan kontennya dapat diperbarui kapan saja tanpa waktu atau uang tambahan.
Selain itu, salah satu fitur e-book yang paling inovatif adalah beberapa pengguna dapat berbagi konten e-book yang sama. Konten dapat dibagikan dan bahkan disukai oleh beberapa pengguna secara bersamaan. Siswa, guru, karyawan organisasi, dll. sering menggunakan fungsi sosial ini untuk kolaborasi rekan.
Terakhir, perangkat e-reader memiliki fitur pengaturan cahaya bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kecerahan layar yang sedang ia baca sesuai dengan preferensinya. Pembaca juga dapat memilih untuk mengubah ukuran font sesuai keinginan mereka sendiri.
Namun, buku kertas juga memiliki kelebihan.
1. Memberikan pembaca rasa kepuasan. Membaca terkadang menjadi kebiasaan. Ketika setiap buku yang telah dibaca diletakkan di depannya, itu akan membawa rasa kepuasan yang kuat bagi pembacanya, yang kemudian membawa motivasi untuk membaca lebih banyak buku.
2. Memiliki nilai koleksi. Sekarang buku kertas umumnya diproduksi dan dikembangkan ke arah hardcover dan koleksi, yang membuat buku tidak hanya bermakna untuk dibaca, tetapi juga berharga untuk koleksi.
3. Lebih mudah untuk membaca dengan tenang. Membaca di perangkat elektronik, terutama ponsel, mudah terganggu oleh perangkat lunak lain. Apalagi dengan majunya media sosial saat ini, sehingga dapat menjadi gangguan dan menghasilkan efisiensi membaca yang rendah. Buku kertas tidak memiliki masalah ini.
Kontroversi e-book dan buku kertas telah ada sejak lama. Baik itu e-book atau buku kertas, meskipun pembawa buku terus berubah, konten penting yang dibawanya adalah fokus perhatian kita.