Biaya Pendakian Termahal
Mendaki gunung saat ini sudah menjadi salah satu sarana rekreasi yang banyak digemari orang. Alasannya beragam, bisa karena keindahan alam ataupun misteri yang ada dibalik gunung tersebut.
Mendaki gunung tertinggi di dunia akan menjadi pengalaman luar biasa bagi Anda. Sebab, tidak semua orang bisa menaklukan puncak-puncak tertinggi di dunia itu. Selain biaya, kesiapan fisik dan juga mental sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan menaklukan gunung tersebut. Ketinggiannya juga melebihi 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Menurut penelitian baru oleh Outforia, tampaknya tantangan fisik bukan satu-satu halangan seseorang tidak jadi menggapai mimpinya untuk sampai di puncak gunung-gunung raksasa. Penelitian itu menyebutkan mendaki beberapa puncak paling aspiratif di dunia memerlukan biaya hingga 70.921 euro atau sekira Rp1,2 miliar) untuk satu perjalanan. Mempertimbangkan biaya bergabung dengan grup pendakian berpemandu, serta berapa banyak peralatan yang diperlukan untuk dibeli atau disewa. Inilah daftar gunung dengan biaya pendakian termahal di dunia :
• Cartenz Pyramid
Sebutan lain dari gunung ini adalah Puncak Jaya yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan menjadi puncak tertinggi di pengunungan Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Mahalnya biaya pendakian ke Cartenz Pyramid disebabkan oleh kondisi keamanan, akses transportasi yang sulit, dan harga logistik yang teramat mahal. Biaya yang di keluarkan sekitar USD 26.500 / Rp 371 juta.
Namun jika pendaki berasal dari Indonesia, biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah bahkan tidak mencapai setengah harga yang telah disebutkan di atas. Informasi ini dapat dilihat di beberapa website tour guide Indonesia yang menyediakan paket pendakian ke Cartenz Pyramid.
• Gunung Vinson
Gunung Vinson adalah gunung tertinggi di benua Antartika dengan ketinggian mencapai 4.892 meter. Ekspedisi gunung yang masuk ke dalam 7 puncak tertinggi di dunia ini membutuhkan waktu hingga 24 hari dengan 10 hingga 12 jam per hari terekspos oleh temperatur yang sangat rendah. Maka tak heran jika rata-rata biaya pendakian gunung ini bisa mencapai USD 41 ribu atau Rp593 juta.
• Gunung Everest
Tidak mengherankan bahwa puncak tertinggi dan pendakian paling terkenal di dunia, Gunung Everest, menempati urutan teratas. Tapi, yang mungkin lebih mengejutkan adalah harganya.
Dengan biaya perjalanan ke Everest hingga €70.921 atau sekitar Rp1,2 miliar, pendaki baru bisa sampai ke puncaknya. Untuk memasukkan ini ke dalam konteks, gaji tahunan rata-rata untuk seseorang di Eropa adalah € 20.340 (Rp350,1 juta), maka satu perjalanan ke Gunung Everest setara dengan gaji tiga setengah tahun.
• Gunung Cho Oyu
Gunung Cho Oyu terletak di gugusan pegunungan Himalaya, Tibet. Dengan ketinggian 8.188 mdpl, menjadikan puncaknya sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia. Gunung ini sangat mudah didaki ketimbang puncak gunung lainnya dengan ketinggian 8.000 mdpl. Meski jalurnya berkontur landai, pendakian gunung ini akan menjadi sulit jika segala perlengkapan pendakian tidak dipersiapkan secara matang.
Biaya pendakian salah satu gunung tertinggi di dunia ini cukup mahal. Diperkirakan Anda harus menyediakan uang sebesar € 28.420 atau sekitar Rp 489 juta untuk melakukan pendakian di gunung tersebut.
• Gunung Denali
Gunung Denali yang terletak di Amerika Serikat ini, merupakan gunung tertinggi di benua Amerika Utara. Di atasnya terdapat puncak bersalju dan menjadi daya tarik utama untuk menarik perhatian para pendaki.
Meski terlihat indah, salah satu gunung tertinggi di dunia ini menempati urutan kelima sebagai gunung paling mahal biaya pendakianya. Untuk melakukan perjalanan pendakian ke gunung ini, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar hampir Rp 170 juta.
• Gunung Sidley
Dengan ketinggian mencapai 4.285 meter di atas permukaan air laut, Gunung Sidley berada di benua Antartika bagian barat. Dikenal sebagai salah satu dari 7 gunung berapi paling tinggi di 7 benua, gunung dengan ketebalan es mencapai 3 kilometer ini membutuhkan 15 hari untuk didaki. Maka tak heran jika rata-rata biaya pendakiannya pun bisa mencapai USD 56 ribu atau Rp810 juta.
Itulah gunung tertinggi di dunia dengan biaya pendakian fantastis. Semoga bermanfaat!