Penting Untuk Diperhatikan
Air adalah elemen terpenting di antara "enam nutrisi" untuk membuat kita tetap hidup; Total cairan tubuh orang dewasa menyumbang sekitar 60% dari berat badan, dan cairan tubuh terdiri dari air, elektrolit, senyawa molekul rendah dan protein, yang didistribusikan secara luas di dalam dan di luar sel dan merupakan lingkungan tubuh manusia.
Untuk pendaki gunung di luar ruangan atau olahraga, apakah kelembaban tubuh cukup secara langsung mempengaruhi kinerja olahraga mereka, dan bahkan mempengaruhi keselamatan tubuh dalam kasus-kasus serius.
Kasus kelelahan dan bahkan serangan panas karena kurangnya hidrasi terjadi dari waktu ke waktu setiap tahun. Rata-rata, 2-4 liter air hilang per hari selama kegiatan pendakian normal; Di sisi lain, pendakian yang berkepanjangan dalam cuaca panas meningkatkan jumlah air yang hilang sebesar 5-7 liter per hari. Pepatah "minum lebih sedikit air saat mendaki" adalah sesuatu dari masa lalu. Konsekuensi kesehatan yang serius dari hilangnya air dari tubuh diakui secara medis.
Dehidrasi (kehilangan air sebagai persentase dari berat badan) memiliki konsekuensi sebagai berikut:
Lebih dari 2% -- perubahan suhu tubuh. Lebih besar dari 3% - Daya tahan otot menurun. Lebih besar dari 4% hingga 5% - Penurunan kekuatan dan daya tahan. Lebih besar dari 6% - kram, stroke, koma karena ketidakmampuan untuk menghilangkan panas. Lebih dari 11% - timbulnya disfungsi ginjal yang serius dan bahkan kematian.
Jika Anda kehilangan 3% dari berat badan Anda dalam air (yaitu, 1,63 liter berat badan Anda dalam kasus 120 pon), konsentrasi darah Anda meningkat dan jantung Anda mulai stres. Kehilangan 4-5% sulit untuk berkonsentrasi; Mempengaruhi berbaris dan deformasi selama berjalan, menyebabkan peningkatan jatuh yang tidak disengaja. Kehilangan lebih dari 6% dapat mengakibatkan kematian yang tidak disengaja.
Persyaratan meminum air dalam kegiatan lapangan:
1. Minum sedini mungkin, jangan menunggu sampai Anda merasa mulut kering untuk minum air
2. Buatlah prinsip waktu untuk minum air, 15-25 menit setiap kali direkomendasikan 100-150 ml
3. Dalam proses pendakian, konsumsi dan asupan air pada dasarnya seimbang
4. suplemen minuman olahraga yang sesuai, dapat dengan cepat membiarkan tubuh menyerap jumlah energi dan elektrolit yang tepat jika di musim panas untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar ruangan, jika kegiatan perlu membawa air dan minuman olahraga dibekukan menjadi es untuk dibawa, sehingga di lingkungan yang panas di bawah aktivitas suhu tinggi. Akan ada minuman dingin dan dingin untuk melengkapi perjalanan, yang akan menjadi kesenangan besar. Selain itu, di musim panas, minuman es dapat membuat Anda merasa nyaman, yang secara tidak langsung dapat membantu mengatur suhu tubuh untuk kembali ke keadaan normal, mencegah dan menghindari terjadinya cedera panas seperti serangan panas yang disebabkan oleh aktivitas luar ruangan dalam suhu tinggi dan cuaca buruk.
Minum 500 ML cairan 2 jam sebelum latihan, dapat meningkatkan glikogen otot tubuh, cadangan glikogen hati. Mengganti cairan yang hilang setelah exetcise dapat mempercepat pemulihan air yang hilang, gula, garam anorganik dan elemen jejak dalam tubuh, mempromosikan pemulihan cepat glikogen otot, dan mencapai peran menghilangkan kelelahan. Caranya adalah dengan mengganti 1000 ml cairan untuk setiap 1000 g berat badan yang hilang. Pilihan minuman olahraga dalam latihan kebugaran dapat dengan cepat menggantikan cairan, energi, dan elektrolit yang hilang karena keringat, yang secara efektif dapat mempertahankan atau bahkan lebih meningkatkan keadaan tubuh manusia selama atau setelah berolahraga.