Seperti Udara
Komunikasi adalah proses pertukaran informasi. Saling memberi apa yang mereka miliki. Proses dimana informasi mengalir dan menyebar melalui komunikasi. Makna komunikasi sangat luas, nyata dan penting.
Pentingnya komunikasi.
1. Komunikasi adalah dasar dari aktivitas kolektif manusia dan premis keberadaan manusia. Komunikasilah yang membentuk kelompok dan suku primitif, dan terus berkembang menjadi masyarakat manusia.
2. Komunikasi adalah urat nadi manajemen modern. Tanpa komunikasi atau komunikasi yang buruk, efisiensi manajemen akan hilang atau bahkan hancur!
3. Dalam pembelajaran, kita juga membutuhkan komunikasi yang konstan. Cara paling penting untuk menyebarkan pengetahuan adalah bahasa. Komunikasi dapat membantu kita belajar dari satu sama lain dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan baru.
4. Komunikasi juga merupakan cara yang sangat penting bagi orang yang dicintai untuk berkomunikasi secara emosional. Baik itu senior atau junior, komunikasi yang sering dapat meningkatkan perasaan.
Prinsip dan metode komunikasi yang efektif.
Utamakan komunikasi.
Orang yang menghargai komunikasi menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi. Hal yand dilakukan termasuk menyendiri, mematikan ponsel dan internet untuk memblokir gangguan dari luar. Berikan waktu dan energi yang cukup untuk memungkinkan mereka yang terlibat dalam komunikasi untuk bertukar lebih banyak informasi dan meningkatkan saling pengertian.
Bangun dan pertahankan kontak mata.
Dalam penyebaran informasi, hanya 38% berupa ucapan, 7% berupa teks, dan 55% diterima oleh mata.
Ajukan pertanyaan terbuka.
Jika kamu ingin tahu bagaimana perasaan dan pemikiran orang lain tentang suatu masalah, gunakan pertanyaan terbuka seperti "Bagaimana perasaanmu tentang...?"
Komunikasi tatap muka.
Dalam komunikasi tatap muka, kamu tidak hanya mendapatkan balasan orang lain, tetapi juga informasi lain seperti perilaku, nada bicara, kebiasaan, dll. Pada saat yang sama, kamu juga dapat menyampaikan informasi satu sama lain secara bersamaan.
Komunikasi seharusnya tidak terbatas pada komunikasi verbal belaka, tetapi harus memfasilitasi komunikasi antara dua orang.
Faktor utama penghambat komunikasi yang efektif.
1. Hambatan bahasa.
Jika bahasa ibu pembicara berbeda, dan jika ada kesalahan atau kelalaian dalam proses penerjemahan, pihak lain dapat salah memahami konteksnya.
2. Kemampuan yang tidak memadai.
Jika beberapa pembicara kurang memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan memahami, dan informasi yang diberikan tidak jelas atau membingungkan, hal itu juga dapat menyebabkan kesalahpahaman informasi yang diterima oleh penerima.
3. Nilai-nilai yang tidak sesuai.
Kontroversi dapat muncul ketika pembicara memiliki nilai yang bertentangan secara tajam atau bahkan posisi yang berlawanan. Jika perbedaan tidak ditangani dengan baik, akan sulit untuk terus berkomunikasi secara efektif.
4. Sikap pembicara.
Berpusat pada diri sendiri, model kognitifnya sering dicirikan oleh kekakuan. Pembicara seperti ini biasanya tidak menerima ide dan informasi orang lain, serta tidak bisa memperhatikan perubahan zaman dan masyarakat.
Komunikasi sangat penting. Komunikasi dapat meningkatkan perasaan timbal balik, menghilangkan kesalahpahaman, meningkatkan rasa saling mengerti, memungkinkan kita untuk belajar bersimpati dan lebih memperhatikan satu sama lain.