Jembatan Bersejarah
Jembatan-jembatan terkenal dalam sejarah semuanya mencerminkan karakteristik zaman dan merekam perkembangan peradaban manusia dengan gambar-gambarnya yang hidup dan daya tarik artistik yang kuat. Jembatan masa kini tidak hanya melambangkan kemajuan seni desain, tetapi juga perkembangan teknologi. Itu sebabnya arsitek dan insinyur dapat menggabungkan desain dan teknologi untuk menciptakan jembatan yang lebih besar, lebih kuat, dan lebih megah dari sebelumnya. Mari kita lihat 3 jembatan paling terkenal di dunia.
1. Jembatan Pelabuhan Sydney
Di Jackson Harbour, Sydney, Australia, terdapat sebuah jembatan megah yang dikenal sebagai jembatan lengkung lubang tunggal pertama di dunia, yaitu Sydney Harbour Bridge yang terkenal. Sydney Harbour Bridge adalah jembatan lengkung baja terbesar di dunia, dan membutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 8 tahun untuk menyelesaikannya. Ini adalah jembatan utama di Sydney, Australia. Membentang Sydney Harbour dan menghubungkan pusat bisnis Sydney ke North Shore. Jembatan mencolok ini melengkapi Sydney Opera House di dekatnya dan membentuk lanskap Sydney yang unik. Bentuknya seperti "gantungan baju".
Dibangun oleh Domen Lang Construction dari Middlesbrough, di bawah komando insinyur John Bradfield, dan selesai pada tahun 1932. Titik tertinggi jembatan adalah 134 meter di atas permukaan laut, dan pernah menjadi jembatan bentang panjang terluas di dunia. Ini seperti pelangi di seberang teluk dan megah. Itu menghadap ke Sydney Opera House yang terkenal di dunia di seberang laut dan telah menjadi simbol Sydney.
2. jembatan Golden Gate
Jembatan Golden Gate berdiri di Selat Golden Gate di San Francisco, California, AS. Ini adalah salah satu jembatan terkenal di dunia dan keajaiban teknik jembatan modern. Jembatan Golden Gate memiliki panjang total lebih dari 1.900 meter dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikannya, menggunakan lebih dari 100.000 ton baja dan menghabiskan biaya $35,5 juta untuk pembangunannya. Jembatan Golden Gate dirancang oleh insinyur jembatan Joseph Strauss. Karena nilai sejarahnya, Inggris dan Amerika Serikat bersama-sama memproduksi film dokumenter dengan nama yang sama pada tahun 2007.
Jembatan Golden Gate dibuka pada tahun 1937, dengan panjang total sekitar 2,7 kilometer. Ini adalah salah satu jembatan gantung tunggal terbesar di dunia dan dianggap sebagai simbol San Francisco. Saat musim emas, jembatan itu seperti gerbang menuju tambang emas, sehingga diberi nama "Jembatan Gerbang Emas". Jembatan Golden Gate juga merupakan karya perintis dalam arsitektur jembatan. Seluruh jembatan megah dan bersahaja. Badan jembatan berwarna merah terang, terhampar di laut biru dan ombak putih. Pada malam hari, Jembatan Golden Gate terbang ke langit seperti naga raksasa, membuat langit malam San Francisco semakin megah.
3. Jembatan London
London memiliki jembatan tertua, yang disebut "Jembatan London" dan "gerbang utama London". London Bridge adalah jembatan tertua di London, menyaksikan naik turunnya dan perubahan sejarah selama ribuan tahun. Meskipun Jembatan London yang runtuh telah dibangun kembali berkali-kali, ia masih dapat berdiri dengan tenang di Sungai Thames dan terus menjadi saksi sejarah London.
Pada awalnya, itu adalah jembatan kayu, yang dibangun oleh orang Romawi dari kayu sekitar tahun 50 M, tetapi tidak butuh waktu lama bagi jembatan kayu untuk terbakar dalam sebuah kecelakaan. Inggris kemudian membangun kembali jembatan dengan batu, bukan kayu. Pada abad ke-19, jembatan itu kewalahan. Jembatan London saat ini adalah jembatan beton yang dibangun sekitar tahun 1967, yang lebih kuat dan lebih fungsional dari sebelumnya. Jembatan biasa ini, dari kayu menjadi batu, besi menjadi semen, telah mengalami beberapa kali perubahan material, tetapi telah menyaksikan pasang surut London selama 2.000 tahun terakhir. Itu bisa disebut "penjaga" Sungai Thames!