Kue Mochi
Mochi Merupakan sejenis kue yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk hingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat.
Makanan mochi sendiri sebenarnya berasal dari Jepang, tetapi cukup populer juga di China setelah mengalami proses kulturisasi, perubahan resep, dan sebagainya, sehingga akhirnya China mempunyai mochi tersendiri dengan ciri khasnya masing-masing. Bentuk dan Cara Membuat Kue Mochi di kedua negara tersebut pun berbeda dengan yang ada di Jepang.
Tidak seperti yang terjadi di tempat asalnya, di mana mochi merupakan sesuatu yang diistimewakan, di China,mochi merupakan makanan ringan yang dapat dinikmati kapan saja. Itu terjadi karena kulturasi yang terjadi di berbagai negara sehingga keasliannya masih bisa di miliki oleh negara asli yaitu jepang.Semula, hanya ada dua jenis kue mochi yang dijual di pasaran, yaitu kue mochi tanpa isi yang disebut kiathong dan kue mochi yang diisi dengan adonan kacang. Seiring pesatnya perkembangan industri pembuatan kue mochi, kini penganan itu tersedia dalam aneka rasa, mulai dari rasa coklat, moka, strawberryi, blueberry hingga durian.
Di Indonesia mochi banyak dijajakan para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan besar di Kota Bogor, kue mochi berisi adonan kacang. Dikemas dalam keranjang bambo. Namun kini mochi kini semakin berkembang, tidak hanya berisi kacang saja namun ada juga mocha yang ditaburi dengan wijen seperti mocha yang satu ini.
Sekitar tahun 1930-an, kue ini hanya bisa ditemukan di toko-toko bahan makanan Jepang yang dikenal dengan sebutan bussando di kota – kota seperti Batavia, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Toko Jepang tersebut menjual berbagai kebutuhan sehari-hari berupa bahan makanan pokok.Kini, tercatat lebih dari 10 produsen kue mochi menjalankan usahanya di Sukabumi.selain itu bahan baku pembuatan kue mochi mudah didapat dan pembuatannya cukup sederhana.
Kue mochi ini biasanya memiliki sajian yang sangat enak sekali didalamnya, seperti kacang tanah yang telah ditumbuk dan diolah lagi menjadi sajian isi yang sangat enak dan lezat tentunnya. Namun mungkin akan sangat sulit bagi yang belum terbiasa atau belum pernah melihat olahan mochi, tapi sebaliknya olahan kue mochi ini ternyata sangat simple dan mudah sekali lih untuk anda coba, apalagi ada panduan resep dari kami, semoga saja dapat sedikit membantu.
1、Adonan Isi: campur rata semua bahan lalu aduk hingga adonan bisa dipulung.
2、Campur semua bahan adonan kulit.
3、Bagi menjadi beberapa bagian, lalu beri pewarna sesuai selera.
Tuang setiap bagian adonan pada loyang yang sudah dioles minyak.
4、Keluarkan adonan dari cetakan dan taruh diatas talenan yang sudah ditaburi tepung ketan. Potong menjadi bentuk kotak ukuran lalu pipihkan dengan penggilas.
5、Isi kulit dengan adonan isi sebanyak 0.5 sdm. Bulatkan kembali.
6、Gulingkan tiap bulatan di tepung ketan dan lumuri seluruh permukaannya agar tidak saling lengket.
Setelah enam langkah ini, mochi yang lembut dan lezat sudah siap! Datang dan coba, saya harap Anda menyukai artikel ini!