Raspberry
Pernahkah kamu mencicipi buah raspberry? Buah dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan ini menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Oleh karena itu, sayang rasanya jika kamu melewatkan beragam manfaat buah raspberry ini.Raspberry atau dalam bahasa Indonesia disebut buah frambos merupakan salah satu jenis buah beri yang memiliki beragam varietas. Buah raspberry ada yang berwarna hitam, ungu, kuning, dan merah. Namun, buah raspberry merah (Rubus idaeus) adalah jenis raspberry yang paling populer dan banyak dikonsumsi.
Buah rasbery ini berbentuk kecil-kecil dan memiliki warna merah menyala. Buah ini juga memiliki nama lain yaitu rubus idaeus dalam bahasa inggris. Buah ini memang merupakan buah yang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Tetapi sangat sering dan mudah ditemui dalam bentuk selai. Buah ini tidak hanya memiliki warna merah menyala saja, tetapi ia pun memilik berbagai jenis warna yaitu emas, hitam, unggu dan merah.
Buah rasberi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan bukan hanya kesehatan saja tetapi juga manfaat bagi tubuh. Buah ini dapat digunakan untuk bahan kecantikan karena mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk kecantikan. Dan mengandung zat besi, mangan, kalsium, protein dan lain sebagainya yang membuat buah ini pun baik untuk kesehatan.
Raspberry asal kata nama berasal dari raspise, yang penyebutannya sekitar pertengahan abad ke-15, dari Anglo-Latin vinum raspeys, atau dari raspoie, yang berarti “belukar”, yang berawal dari Jerman. Nama tersebut mungkin dipengaruhi oleh penampilannya yang memiliki permukaan kasar dan bertekstur, juga tanamannya yang tumbuh seperti belukar, terkait dengan rasp Inggris Kuno atau “beri kasar”.
Kandungan raspberry ialah antioksidan dengan kandungan aktif seperti polifenol, flavonoid, antosianin, asam organik, vitamin, dan mineral. Semua kandungan ini tentunya bermanfaat bagi manusia untuk melawan partikel sel parasit dari luar. Buah raspberry merupakan golongan buah berry sama seperti strawberry dan blueberry yang memiliki kandungan aktif sebagai antioksidan.
Kandungan penting yang merupakan karakteristik pada buah raspberry adalah tiliroside. Tiliroside adalah senyawa alami pada flavonoid yang merupakan turunan kaemferol. Kaemferol ini telah diketahui sebagai ‘inhibitor tyrosinase‘ (senyawa perbaikan kulit) yang memiliki kemampuan mengikat tembaga dalam aktivitas untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Tiliroside ditemukan dapat menghambat aktivitas pembentukan jamur dan bakteri. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari pertumbuhan spora jamur maupun bakteri.
Manfaat buah raspberry untuk kesehatan
1.Membantu menurunkan berat badan
2.Membantu proses metabolisme
3.Mencegah kerusakan hati
4.Mencegah jerawat
5.Pencegahan Kanker
6.Melawan radikal bebas
7.Memiliki fungsi sebagai anti inflamasi
8.Mengontrol Diabetes
9.Menjaga Kesehatan Mata
10.Mencegah degenerasi makula
11.Mencegah infeksi
12.Melancarkan siklus menstruasi
Manfaat Buah Rasberry untuk Kecantikan dan Kesehatan ini tentu sangat memiliki pengaruh yang besar untuk manusia. Karena manusia hidup bukan hanya untuk kecantikan tetapi juga untuk kesehatan. Untuk itu buah rasberry menjadi salah satu alternatif buah pembawa kesehatan dan kecantikan. Meskipun pada kenyataanya buah ini sangat jarang ditemui di Indonesia.
Saya harap Anda menyukai artikel ini!