Pemandangan Sawah Bertingkat
Sawah bertingkat adalah lahan pertanian berbentuk anak tangga yang dibangun oleh petani di bagian-bagian di sepanjang lereng bukit untuk menggunakan lahan secara lebih efisien dan rasional. Fungsi utama dari terasering adalah untuk mencegah erosi tanah pada lereng bukit dan menyebabkan bencana aliran debris, dan terasering juga sangat efektif dalam hal penyimpanan air dan peningkatan produksi.
Sebagai produk kearifan manusia, lahan terasering memiliki kondisi ventilasi dan transmisi cahaya yang unggul, sehingga juga memiliki fungsi kondusif bagi pertumbuhan tanaman dan produksi unsur hara.
Sawah bertingkat diklasifikasikan menurut ketinggian lerengnya sendiri. Sejauh ini, terbagi menjadi tiga jenis: teras horizontal, teras miring, dan teras dupleks. Selain itu, lebar teras utama ditentukan oleh sistem irigasi lokal dan distribusi jalan lalu lintas, dan perencanaan keseluruhan dilakukan sesuai dengan ukuran kemiringan lereng dan ketebalan lapisan tanah di lereng bukit. Inspektur terkait menunjukkan bahwa lapisan tanah di permukaan harus dipertahankan saat membangun teras. Setelah konstruksi selesai, serangkaian operasi pertanian seperti pembajakan tanah, peningkatan aplikasi pupuk organik dan penanaman tanaman yang sesuai harus dilakukan, sehingga tanah asli dapat dipercepat untuk meningkatkan kesuburannya sendiri.
Ladang bertingkat ini luasnya beberapa hektar, dan yang kecil hanya menempati satu sisi tanah. Seringkali, luas total sawah bertingkat di lereng bukit bisa mencapai ribuan hektar. Saat musim berganti, seolah-olah tangan besar yang tak terlihat sedang melambai-lambaikan lukisan seni tentang bumi satu demi satu, yang menakjubkan. Sawah bertingkat dengan lapisan yang berbeda sangat luar biasa, dan ini juga mencerminkan kearifan peradaban pertanian, yang pasti bernilai.
Di Asia Timur, Asia Tenggara dan daerah lain, seperti Vietnam, Indonesia, Filipina, Nepal, Jepang dan tempat-tempat lain, bidang terasering adalah bidang penting, terutama digunakan untuk budidaya padi. Ladang bertingkat skala besar yang tak terhitung jumlahnya tidak hanya membangun pemandangan yang menakjubkan dan megah, tetapi juga memelihara sejumlah besar orang, dan bahkan membentuk "Lingkaran Budaya Lapangan Lingkar Lingkar Pasifik" dengan kesamaan yang berbeda.
Sawah bertingkat bisa dikatakan ada di seluruh dunia. Mereka bukan hanya model pertanian. Sawah bertingkat tersebar di lereng bukit yang curam, dan jika dilihat dari atas, tampak seperti lukisan raksasa. Di banyak bagian Eropa, teras yang lebih terkenal berada di daerah padat penduduk atau di dekat resor wisata, tempat anggur dan zaitun ditanam. Kebanyakan dari mereka dekat dengan laut atau danau, dan pemandangan alamnya cocok dengan budaya tanam lokal, yang sama sekali tidak melanggar kerukunan. Banyak daerah bertingkat memiliki kemenangan warisan budaya dunia.
Berikut beberapa teras terkenal di dunia.
1. Dataran Tinggi Tegalalang
Tegalalang Heights menarik 3.000 wisatawan setiap hari selama musim liburan, di mana wisatawan dapat melihat langit biru yang luas dan ladang hijau. Selain itu, jalur pegunungan di sini juga penuh dengan deretan kafe dan restoran lanskap, dan Anda dapat melihat gaya pastoral yang megah saat Anda masuk. Tanaman padi di sini dipanen tiga kali setahun. Jika Anda datang pada bulan Oktober, tanaman padi sudah tumbuh tinggi, dan Anda bisa melihat pemandangan hijau subur seperti lukisan cat minyak.
2. Teras Sawah Banaue, Filipina
Banawi Rice Terraces terletak di kota yang masih asli di pegunungan dengan pemandangan kelas dunia yang unik. Sawah bertingkat yang naik secara bertahap satu hektar dan satu hektar terintegrasi secara harmonis ke dalam pegunungan, hutan dan perairan hijau alam, seperti tangga menuju kerajaan surga. Musim paling indah untuk Teras Sawah Banaway adalah musim semi, ketika bibit hijau baru baru saja ditanam di ladang, dan kotak hijau terang orde pertama tertanam di pegunungan dan lembah hijau.
3. Teras Sawah Punakha, Bhutan
Bhutan adalah salah satu negara dengan indeks kebahagiaan nasional tertinggi di dunia. Dibutuhkan ketinggian 105.000 kaki untuk melakukan perjalanan dari ibu kota Bhutan ke Punakha Rice Terraces. Waktu terbaik untuk melihat teras Punakha adalah bulan Juli dan Agustus, ketika bibit padi hijau baru saja dimasukkan membentuk kontras yang kuat. Bunga-bunga liar yang bermekaran di punggung bukit menambah warna yang lebih indah di lapangan bertingkat ini.