Danau Terbesar di Dunia
Diperkirakan ada sekitar 2 juta danau di bumi, beberapa danau alami yang dibentuk oleh aktivitas vulkanik dan glasial, dan beberapa danau buatan. Di antara banyak danau, ada danau air tawar dan danau air asin. Ada danau besar dan kecil di seluruh dunia. Di bawah ini adalah 5 danau terbesar di dunia.
1. Laut Kaspia
Meskipun Laut Kaspia disebut "Laut", sebenarnya itu adalah danau. Ini adalah danau terbesar di dunia, tetapi berisi cekungan laut dan seluruhnya berada di kerak benua. Ini menjadikannya danau laut tidak seperti semua danau lain, dalam daftar (Danau kontinental). Laut Kaspia juga merupakan danau terdalam ketiga di dunia. Dengan luas 371.000 kilometer persegi, Laut Kaspia juga merupakan danau air asin terbesar di dunia. Laut Kaspia terletak di perbatasan Eropa dan Asia, mencakup 5 negara, dan merupakan danau dengan jumlah negara terbesar di dunia.
2. Danau Superior
Dikelilingi oleh Kanada dan Amerika Serikat, Danau Superior adalah yang terbesar dari Great Lakes di Amerika Utara. Danau Superior dibagi oleh Ontario, Kanada di utara, Minnesota, AS di barat, dan Semenanjung atas Wisconsin dan Michigan di selatan. Titik paling utara dan paling barat dari wilayah Great Lakes, Superior memiliki ketinggian tertinggi dari kelima Great Lakes dan bermuara di Sungai St. Mary.
3. Danau Victoria
Danau Victoria adalah danau terbesar di Afrika dan danau tropis terbesar di dunia. Dikelilingi oleh Uganda, Kenya dan Tanzania. Danau Victoria, dinamai Ratu Victoria oleh penjelajah John Hanning Speke, yang merupakan orang Inggris pertama yang menemukannya. Speke menemukan sumber Sungai Nil selama ekspedisi dengan Richard Francis Burton pada tahun 1858. Air Danau Victoria terutama berasal dari curah hujan langsung dan ribuan anak sungai. Sungai Kagera adalah sungai terbesar yang mengalir ke danau ini, dan terletak di tepi barat Danau. Danau Victoria benar-benar dikeringkan oleh Sungai Nil dekat Jinja, Uganda, dan terletak di pantai utara Danau.
4. Danau Huron
Danau Huron adalah salah satu dari lima danau besar di Amerika Utara. Utara dan timurnya berada di Ontario, Kanada, dan Selatan dan barat berada di Michigan, AS. Danau ini mengambil namanya dari penjelajah Prancis awal yang menamakannya untuk orang-orang Huron yang tinggal di daerah tersebut. Gletser Huronian dinamai karena bukti yang dikumpulkan dari wilayah Danau Huron. Bagian utara Danau termasuk suara Utara dan Teluk Georgia. Di seberang danau ke barat daya adalah Teluk Saginaw. Pintu Masuk Utama Adalah Sungai St. Mary dan Sungai St. Clair.
5. Danau Michigan
Danau Michigan juga merupakan salah satu danau besar, sedikit lebih kecil dari Danau Huron. Hal ini juga salah satu danau terbesar di dunia dan sepenuhnya dalam satu negara (Amerika Serikat). Chicago dan Milwaukee terletak di Tepi Danau Michigan. Di sebelah timur, cekungannya terhubung dengan Danau Huron oleh Selat Mackinac yang lebar, menjadikannya ketinggian yang sama dengan Timur, dan keduanya secara teknis merupakan danau tunggal. Danau Michigan dibagi dari barat ke timur oleh Negara Bagian AS Wisconsin, Illinois, Indiana dan Michigan. Pelabuhan di sepanjang pantai termasuk Chicago, Milwaukee, Green Bay, Wisconsin, Gary, Indiana, dan Muskegon, Michigan. Kata "Michigan" awalnya mengacu pada danau itu sendiri.