Gurun Pasir Paling Menawan
Seperti yang kita semua tahu, dunia terdiri dari darat dan laut, di mana wilayah laut menyumbang sekitar 70%, luas daratan menyumbang sekitar 30%, dan sepertiga dari daratan adalah gurun. Menyeberangi sungai adalah hutan, melintasi hutan adalah gurun, gurun bertatahkan danau, dan ujung gurun adalah lautan. Jika ada taman nasional di dunia dengan berbagai pemandangan alam, apakah anda ingin berkunjung? Artikel ini akan memperkenalkan gurun paling menarik di dunia.
1. Gurun Atacama-Amerika Selatan
Gurun Atacama terletak di bagian barat Pegunungan Andes, terutama di Chili, tetapi juga di Peru, Bolivia, dan Argentina. Ini dikenal sebagai "kutub kering" dunia. Mengapa? Beberapa daerah tidak pernah hujan. Meskipun demikian, gurun ini masih dihuni. Bahkan, lebih dari satu juta orang tinggal di sana karena Atacama sebenarnya relatif sejuk karena lokasinya di Pantai Pasifik gurun.
2. Gurun Tabernas-Spanyol
Jika Anda ingin mengunjungi gurun di benua Eropa, gurun Tabernas adalah satu-satunya pilihan Anda. Ini sangat bagus. Terletak di tenggara Spanyol, telah menjadi tempat yang bagus untuk menembak selama bertahun-tahun karena medannya mirip dengan Barat Daya Amerika. Anda bahkan dapat menemukan kota-kota bergaya Barat saat Anda bepergian. Jika Anda penggemar Landak Aljazair, anda mungkin menemukannya di sini.
3. Gurun Chihuahuan-New Mexico
Meliputi 175.000 mil persegi (282.000 kilometer persegi) gurun terbesar di Amerika Utara, ini adalah rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan yang menakjubkan, termasuk Kaktus Pelangi Arizona, rubah abu-abu, dan banyak lagi. Namun daya tarik yang paling populer adalah Monumen Nasional White Sands New Mexico, dengan lanskap bukit pasir gipsum putihnya yang luar biasa.
4. Gurun Sahara-Afrika
Tersebar di sebagian besar Afrika Utara, itu adalah gurun panas terbesar di dunia (3,6 juta mil persegi atau 9,3 juta kilometer persegi) dan secara keseluruhan adalah terbesar ketiga. Ketika kebanyakan orang berpikir tentang gurun Sahara, mereka membayangkan itu tidak lebih dari bukit pasir yang menakjubkan. Tapi ini benar-benar hanya sebagian kecil dari gurun. Sebagian besar gurun terdiri dari Hamada berbatu atau tanah tandus dan dataran tinggi berbatu. Sahara juga memiliki pegunungan, padang rumput sesekali, dan dataran garam.
5. Gurun Gobi-Cina / Mongolia
Gurun Gobi terletak di Barat Laut Cina dan Mongolia Selatan. Perlu dicatat bahwa itu adalah bagian dari Jalur Sutra dan salah satu peran penting Kekaisaran Mongol. Ia juga dikenal karena iklimnya yang berubah-ubah. Sebagai contoh, suhu musim panas biasanya sekitar 115 F (45 C), sementara di musim dingin, angin tak kenal ampun menurunkan suhu ke -40 F (-40 C). Dan ada banyak fosil dinosaurus, Anda juga akan menemukan Unta Baktria, Bison Siberia dan beruang coklat Gobi, dll.
6. Padang Pasir Thar-India / Pakistan
Gurun Thar adalah gurun terpadat di dunia dengan lebih dari 16.000.000 penduduk. Sebagian besar gurun terdiri dari bukit pasir, dataran aluvial dan danau garam yang terbentuk selama musim hujan. Ini juga merupakan tempat keanekaragaman hayati yang luar biasa, dengan lebih dari 140 spesies burung yang berbeda, 25 spesies ular dan 23 spesies kadal.
7. Salar de Uyuni-Bolivia
Solar de Uyuni, di dataran Tinggi Barat Provinsi Potosi Bolivia, pernah menjadi tempat prasejarah yang disebut Lago Minchin, gurun tertutup garam terbesar di dunia. Namun itu mengering, meninggalkan kita dengan flat garam terbesar di dunia, mencakup lebih dari 4.000 mil persegi (10.500 kilometer persegi). Ini juga mengandung 50 hingga 70 persen cadangan lithium dunia. Cara terbaik untuk merasakan keindahan Salar de Uyuni adalah dengan menggunakan kendaraan off-road.
8. Gurun Putih-Mesir
Gurun putih adalah keajaiban alam yang terletak di oasis Farafra di Mesir barat. Ini terdiri dari pasir dalam berbagai nuansa batu putih dan merah muda, banyak di antaranya menyerupai awan jamur raksasa, dipahat oleh angin. Anda juga akan menemukan lebih dari 100 sumur - banyak di antaranya alami dan berasal dari zaman Romawi.