Padang Rumput Serengeti
Taman Nasional Serengeti terletak di barat laut Tanzania dan barat daya Kenya. Taman Nasional Serengeti adalah padang rumput luas yang mencakup Mara, Arusha, dan Shinianga, seluas 30.000 kilometer persegi.
Ada sekitar 70 spesies mamalia besar dan 500 spesies burung endemik di padang rumput. Migrasi semi-tahunan hewan besar adalah salah satu dari sepuluh keajaiban wisata alam teratas di dunia. Ini adalah surga bagi hewan liar, hewan dapat berjalan di sabana Afrika yang luas.
Sebagai salah satu suaka margasatwa terbesar di Afrika, Taman Nasional Serengeti umumnya dibagi menjadi tiga wilayah: Dataran Serengeti, Koridor Barat, dan Serengeti Utara. Di antara mereka, Dataran Serengeti sangat luas, dan padang rumput yang hampir tidak berpohon di selatan adalah lanskap ikonik dari taman nasional terkenal di Tanzania ini.
Di musim panas, Serengeti penuh dengan tanaman air yang hijau, subur dan jerapah di mana-mana. Kadang-kadang, bahkan dengan terik matahari, suhu tetap dalam kisaran yang dapat diterima. Ini memiliki iklim sabana, dan curah hujan terutama terkonsentrasi dari November hingga Mei tahun berikutnya, dengan periode puncak pada bulan Desember, Maret dan April. Suhu rata-rata tahunan di sini adalah 20,8 dengan curah hujan tahunan dekat Danau Victoria di barat mencapai 950 mm, dan curah hujan tahunan di dekat perbatasan Kenya di titik paling utara taman mencapai 1.150 mm. Meski begitu, hampir semuanya menjadi gurun pasir saat kemarau panjang.
Ini juga salah satu tempat terbaik di Serengeti untuk melihat cheetah, kuda nil, buaya dan gajah, dan kebanyakan orang yang datang ke Serengeti benar-benar terpikat oleh tontonan migrasi hewan. Faktanya, daya tarik Serengeti yang sebenarnya adalah seluruh ekosistemnya, termasuk hewan yang bermigrasi dan tidak bermigrasi sepanjang tahun.
Ini bukan hanya tempat terbaik bagi orang untuk menikmati alam, tetapi juga surga bagi hewan liar, yang merupakan rumah bagi kelompok hewan liar paling beragam dan terbesar di dunia. Tinggal di kamp di sini, Anda tidak hanya dapat merasakan alam tetapi juga melihat dari dekat hewan liar.
Ekologi padang rumput ini sangat baik, dan selalu ada bintang di malam hari, dan para tamu yang tinggal di tenda dapat melihat ke atas dan melihat langit penuh bintang. Dikelilingi oleh bintang-bintang di langit biru, ini adalah tempat yang paling dekat dengan alam. Sabana Serengeti yang penuh dengan warna-warna misterius dan mengandung vitalitas yang tak terbatas. Kisah survival of the fittest, yang dimainkan sepanjang waktu di sini, adalah pesona abadi negeri ini. Berjalan di sepanjang lembah sungai dan menikmati satwa liar setempat tidak peduli jam berapa Anda datang.
Ini adalah satu-satunya daerah di Afrika di mana banyak hewan darat masih bermigrasi, dan juga merupakan ekosistem murni yang paling terpelihara. Pada tahun 1956, digabungkan dengan Taman Nasional Ngorongoro, yang diakui secara internasional dan termasuk dalam "Daftar Warisan Budaya dan Alam Dunia", menjadi cagar hayati UNESCO dalam bidang manusia dan ekologi.