Gunung Puncak Tertinggi
jika kamu hobi berpetualang dan menjelajahi alam, mendaki gunung adalah salah satu pilihan menarik. Setiap gunung tentunya memiliki cerita yang berbeda dan mempunyai daya tarik masing-masing bagi para pendaki.
Seven puncak tertinggi di dunia atau dikenal juga dengan sebutan The Seven Summits inilah yang menjadi obsesi dan impian para pendaki di segala penjuru dunia untuk didaki dan ditaklukkan. Saat ini sudah cukup banyak memang yang sudah berhasil menaklukkan ketujuh puncak tertinggi tersebut, namun jumlah mereka yang gagal juga tidak sedikit. Lalu, puncak mana saja sih yang dinobatkan sebagai tujuh puncak tertinggi di muka bumi? Yuk simak!
• Mount Elbrus
Gunung yang masuk ke dalam kawasan pegunungan Caucasus ini memiliki puncak yang menurut banyak orang sebagai yang tertinggi di benua Eropa dengan tinggi mencapai 5.642 mdpl. Caucasus merupakan salah satu daerah di antara Eropa Timur dan Asia Barat, antara Laut Kaspia dan Laut. Karena letaknya yang sebagian masuk ke dalam Asia beberapa menganggapnya sebagai bagian dari Asia Tengah.
• Gunung Denali
unung Denali memiliki ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut. Gunung itu berada di Alaska tengah selatan. Puncak tertinggi di Amerika Utara ini sebelumnya bernama Gunung McKinley. Alaska Range sepanjang 965 kilometer ini cukup besar untuk menciptakan pola cuacanya sendiri, seperti angin sekencang 150 mph dan suhu -69 celcius di cuaca yang brutal.
Para ilmuwan mengatakan bahwa ketinggian Gunung Denali masih meningkat, yakni setengah milimeter per tahun. Kalau dalam empat juta tahun nanti gunung ini akan 1,6 kilometer lebih tinggi. Untuk meraih puncak, Anda harus berlatih gletser terlebih dulu selama 17 hari. Karena, cuaca dan kondisi Gunung Denali masih belum bisa diprediksi. Sebagian besar pendaki berupaya mencapai puncak melalui jalur Buttress Barat. Pernah suatu waktu sebanyak 600 pendaki ada di puncaknya antara akhir Mei dan awal Juni.
• Gunung Cartenz atau Puncak Jayawijaya
Gunung yang satu ini masuk dalam daftar seven summit karena ketinggiannya yang luar bisa. Bahkan, Puncak jayawijaya ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut. Piramida Carstensz atau Puncak Jayawijaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari seven summits dunia yang berada di Provinsi Papua, Indonesia. Mungkin, jika kamu memiliki keinginan untuk menaklukan gunung-gunung tertinggi di dunia, kamu bisa memulainya di Puncak Jayawijaya.
• Aconcagua
Gunung Aconcagua yang terletak di Amerika Selatan ini memiliki ketinggian hingga mencapai 6.959 mdpl, Aconcagua merupakan sebuah gunung yang lokasinya berada di Argentina, dekat perbatasan Chili. Gunung yang satu ini merupakan puncak kedua tertinggi yang ada di seluruh dunia.
• Kilimanjaro
Gunung tertinggi di benua Afrika yang berlokasi di timur laut, Tanzania ini memiliki puncak tertinggi bernama Uhuru Peak yang tingginya mencapai 5.895 meter. Sebagai salah satu yang tertinggi di dunia sudah pasti banyak pendaki dari seluruh dunia datang dan berusaha mendaki untuk menaklukkan puncaknya.
Kilimanjaro terdiri dari 3 kerucut gunung berapi yang tidak aktif lagi dengan Kibo sebagai kerucut tertinggi. Di Kibo inilah Uhuru Peak berada. Untuk bisa mencapai puncaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 4 sampai 5 hari.
• Mount Everest
Mount Everest yang memiliki ketinggian 8.850 mdpl inilah yang dinobatkan sebagai yang paling tinggi di dunia. Gunung ini ditaklukkan pertama kali oleh dua pendaki legendaris Tenzing Norgay dan Edmund Hillary.
Siapa yang lebih dahulu menginjakkan kaki di puncaknya hanya mereka dan Tuhan lah yang tahu karena mereka sepakat untuk ingin dikenang sebagai dua orang pertama yang mencapai puncak Everest. Keberhasilan keduanya mencapai puncak Everest kemudian menjadi inspirasi para pendaki dari segala penjuru dunia untuk mengikuti jejak mereka.
Untuk mencapai puncaknya ada 2 jalur yang bisa ditempuh. Pertama Sout East Ridge yang jalur pendakiaanya dimulai dari Nepal dan yang kedua adalah Col-Norh East Ridge yang jalur pendakiaanya dimulai di sisi utara Everest.
• Gunung Vinson Massif
Gunung Vinson Massif memiliki ketinggian 4.892 meter di atas permukaan laut dan berlokasi di 965 kilometer dari Kutub Selatan. Titik tertinggi benua itu ada di dataran tinggi di Sentinel Range Pegunungan Ellsworth, Antartika Barat.
Gunung Vinson Massif adalah yang terakhir dari Seven Summits yang berhasil didaki pada 1966. Butuh perjuangan bertahun-tahun sebelum ekspedisi lain berhasil kembali mengulangi prestasi itu. Lebih dari 1.200 pendaki telah berhasil mencapai puncaknya, dipimpin oleh beberapa pemandu khusus. Periode pendakian utama Gunung Vinson Massif antara Desember dan Februari saat Antartika disinari matahari selama 24 jam. Rute pendakian standar biasanya memakan waktu sekitar lima atau enam hari dengan aklimatisasi yang tepat.
Nah, itu dia tujuh gunung yang dinobatkan sebagai puncak tertinggi atau seven summit. Semoga artikel ini bermanfaat!