Cara Membuat Brownies
Brownies, kue berwarna cokelat yang selalu jadi incaran karena rasa manisnya yang sulit ditolak. Siapa pun yang sudah mencicip kue yang populer ini, akan ketagihan.
Mulai anak-anak hingga orang dewasa, banyak yang menyukai kue brownies. Pada umumnya brownies yang kita jumpai adalah brownies panggang.
Namun, kini ada varian brownies kukus yang memiliki cita rasa tak kalah nikmat dengan brownies panggang. Browies kukus memiliki tekstur lebih lembut dan sedikit lebih basah sehingga tidak seret ketika dimakan.
Meski brownies kukus ini banyak dijual, tidak sedikit yang penasaran lalu mencari resep camilan legit yang memiliki tekstur lembut ini. Anda pun bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.
Membuat brownies kukus sendiri di rumah bukan hal yang sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemui.
Berikut ini beberapa cara membuat brownies kukus di rumah, dikutip dari laman Resepedia dan Craftlog, Senin (19/7/2021). Hari ini akan khusus berikan resep untuk pembuatan salah satu Brownies kukus, yaitu Brownies kukus cokelat.
Bahan yang perlu disediakan:
4 butir telur 150 gr gula pasir 2 sdt cake emulsifier (sp) 80 gr tepung terigu protein sedang 35 gr bubuk cokelat 1 sdt baking powder 1 sdt vanili bubuk 75 gr dark cooking chocolate 120 gr mentega 50 ml susu kental manis cokelat
Cara Membuat secara detail sebagai berikut, terdapat 9 langkah untuk bikin kue brownies cokelat ya:
·Campurkan mentega dan dark cooking chocolate, lalu lelehkan dengan cara tim. Namun, perhatikan agar jangan sampai mendidih. Dinginkan dengan suhu ruang, sisihkan.
·Selanjutnya, kocok telur, gula pasir, dan sp sampai mengembang dan mengental.
·Masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan vanili yang telah diayak. Lalu kocok dengan mikser kecepatan rendah hingga merata.
·Tuang campuran mentega dan dark cooking chocolate ke dalam tepung terigu sebelumnya, aduk sampai merata. Campurkan 2 sdm adonan penuh ke dalam susu kental manis cokelat, lalu sisihkan untuk lapisan bagian tengah.
·Bagi adonan menjadi dua lalu tuang satu adonan ke dalam loyang, ratakan dan kukus selama 10 menit.
·Sebelumnya olesi lebih dulu loyang dengan mentega serta lapisi baking paper, dan panaskan kukusan. Tuang adonan kedua yang sudah dicampur susu kental manis cokelat, kukus selama 10 menit.
·Tuang sisa adonan utama, lalu kukus selama 30 menit. Kukus dengan api sedang agar hasil bagus dan tidak pecah.
·Angkat dan tunggu brownies hingga dingin dari dalam loyang. Pastikan brownies tetap berada di loyang hingga benar-benar dingin.
·Lalu keluarkan dan potong sesuai selera. Brownies kukus cokelat siap disajikan.
Nah, nggak sulit kan bikin kue Brownies cokelat? Kalau sudah fasih, kamu bisa juga coba buat Brownies kukus kopi wuluh atau Brownies kukus pisang lho. Tahapannya mirip-mirip seperti membuat Brownies berbahan dasar bubuk cokelat kok. Selamat mencoba dan menikmati hasil pembuatan Brownies!