Menemui Aurora
Aurora muncul di langit di daerah lintang magnetik tinggi planet ini, dan fenomena bercahaya yang disebabkan oleh tabrakan partikel energi tinggi bermuatan dengan atom di atmosfer atas dan pelepasan energi. Partikel bermuatan berasal dari magnetosfer dan angin matahari, dan di Bumi partikel tersebut dibawa ke atmosfer oleh medan magnet Bumi untuk menghasilkan aurora. Oleh karena itu, kondisi untuk produksi aurora adalah atmosfer, medan magnet, dan partikel energi bermuatan tinggi yang semuanya sangat diperlukan.
Kebanyakan aurora terjadi di sabuk aurora, sebuah pita sekitar 10° sampai 20° garis bujur dari kutub magnet bumi dan sekitar 3° sampai 6° garis lintang. Garis lintang yang lebih rendah juga menghasilkan aurora ketika badai magnetik terjadi, Aurora tidak hanya terjadi di Bumi, tetapi juga di beberapa planet lain yang memiliki medan magnet di tata surya.
Aurora borealis paling sering terlihat di anulus sekitar 67° lintang utara magnet. Di Laplandia utara, Eropa utara, kemungkinan melihat cahaya utara di musim dingin adalah 75%. Fenomena aurora terjadi lebih dari 200 hari dalam setahun, dan tontonan aurora terjadi hampir setiap malam. Artikel ini secara khusus akan menjelaskan tempat-tempat yang cocok untuk menemukan keajaiban ini.
1. Norwegia - Tromso
Tromso, kota terbesar di utara Norwegia, merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh aurora karena terletak tepat di sabuk aurora. Menariknya, itu tidak sedingin yang Anda bayangkan. Dipengaruhi oleh arus hangat Atlantik Utara, tidak membeku di musim dingin dan suhu rata-rata di musim dingin adalah -5 °C. Di musim panas, Tromso memiliki keajaiban matahari yang tidak pernah terbenam, dan di musim dingin menjadi surga untuk melihat aurora, salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat cahaya utara. Mereka yang pergi ke Kutub Utara tahu bahwa Tromso juga dikenal sebagai "Gerbang Menuju Kutub Utara". Troms terletak di antara fjord dengan pegunungan yang indah, kota ini terletak 400 km di utara Lingkaran Arktik, bagian utama kota ini membentang di sepanjang pantai timur Pulau Tromsøya dan terhubung ke daratan oleh jembatan lengkung yang elegan. Ini juga merupakan rumah bagi universitas dan perguruan tinggi paling utara di dunia. Ada banyak cara untuk melihat aurora di Troms. Duduk di tenda tradisional Sami, dengarkan orang Sami menceritakan kehidupan dan kisah mereka, menikmati hidangan daging rusa tradisional yang diiringi musik tradisional Yoik, dan menunggu aurora dengan tenang.
2. Kepulauan Lofoten
Di Eropa utara, kecuali Denmark, negara lain memiliki kesempatan untuk melihat Cahaya Utara. Meski semakin jauh ke utara, semakin besar peluangnya, namun aktivitas yang menyertai aurora berbeda. Selain Troms, Kepulauan Lofoten Norwegia adalah salah satunya. Norwegia paling terkenal dengan fjord-nya. Dengan latar belakang aurora, pemandangan fjord sangat cerah, dan yang paling indah adalah Kepulauan Lofoten. Di sepanjang jalan indah di Lofoten, Anda dapat pergi ke desa nelayan kecil yang indah dan sering Anda lihat di kartu pos. Desa nelayan di musim dingin dikelilingi oleh pegunungan dan fjord yang dibungkus dengan perak, yang terlihat misterius dan murni di bawah aurora. Desa nelayan adalah gambaran lain yang tenang. Anda juga dapat naik kayak dan menuju ke fjord tersempit di Norwegia untuk melihat elang laut, burung terbesar di Eropa.
3. Kirkenes
Di Norwegia, Kirkenes adalah tempat yang harus disebutkan. Terkenal dengan kepiting raja dalam jumlah besar dan yang lezat, di Kirkenes Anda dapat mencoba menangkap raksasa ini dan mencicipi rasanya yang luar biasa. Ada juga dunia es dan salju yang sangat menawan. Pada tahun 2006, kerajaan es dan salju dibuka untuk umum untuk pertama kalinya. Hotel es dan salju dengan lebih dari 20 kamar hotel merupakan hotel es dan salju terbesar di Norwegia. Hotel es dan salju yang dibangun kembali setiap tahun memiliki tema yang berbeda, dan setiap kamar juga memiliki patung salju indah yang berbeda. Dengan lampu yang berubah, seluruh hotel es dan salju sangat menawan.
4. Wilayah Laplandia
Bagi semua orang yang terobsesi dengan dongeng salju, Laplandia Finlandia tidak diragukan lagi yaitu mimpi yang menjadi kenyataan. Lapland, yang terletak di Lingkaran Arktik, memiliki lingkungan yang bersih dan bebas polusi dan merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat Cahaya Utara. Menakjubkan, indah, megah, misterius, keindahan aurora begitu tidak nyata, tetapi ketika Anda datang ke sini, Anda akan menemukan bahwa keindahan aurora di luar jangkauan. Tinggal di rumah kaca mewah bak dongeng setara dengan duduk di barisan depan menyaksikan pertunjukan cahaya paling spektakuler di dunia, mengagumi keajaiban alam dengan cara yang paling indah. Ada juga dunia sauna yang tersembunyi jauh di dalam hutan. Sauna tradisional di Finlandia selalu dapat memberikan kesenangan fisik dan mental bagi orang-orang, dan tidak ada yang tidak dapat diselesaikan oleh sauna. Jika aurora kebetulan lewat pada saat ini, maka keberuntungan Anda benar-benar luar biasa!
5. Seluruh Islandia
Islandia, mutiara Nordik yang tergantung di lautan, adalah negara yang ideal bagi banyak orang. Ini adalah tanah yang diberkati oleh surga. Meskipun terletak di tepi Lingkaran Arktik, Arus Teluk yang hangat mengalir dengan lembut melaluinya memberikan iklim yang hangat. Pulau ini seperti laboratorium vulkanik yang sangat besar. Gunung berapi yang spektakuler, ladang es, air terjun, mata air panas bumi, dan danau dapat dilihat di mana-mana, dan warna-warna seperti biru es, hijau zamrud, kuning keemasan, pelangi, abu hitam, dan sebagainya mulai terlihat. Selain gairah es dan api, yang lebih berkesan adalah kekuatan alam yang luar biasa besar untuk mengubah dunia. Di pulau misterius yang terletak di Lingkaran Arktik ini, Anda masih memiliki peluang besar untuk menikmati tarian fantastis aurora yang indah di langit malam.