Spot Terbaik di Indonesia
Indonesia merupakan tempat tujuan impian untuk liburan santai dan berpetualang. Jika kamu suka mencari pemandangan indah di pantai, gemar hiking, berburu orangutan dan komodo, atau menyelam di antara karang yang indah, maka negara ini adalah tempatnya.
Berikut adalah 10 tempat wisata terbaik di Indonesia.
1. Bali
Bali adalah salah satu tujuan yang paling sering dikunjungi dan didambakan oleh para wisatawan modern. Bali memiliki kaleidoskop pantai yang indah, bukit vulkanik, sawah yang subur dan ribuan pura Bali.
Bali juga dikenal karena suasananya yang santai dan menarik perhatian para backpacker, peselancar, dan peyoga. Dikenal sebagai pulau dewata, surga tropis Bali juga mengakar kuat di alam spiritual, dan Ubud, ibu kota dari kota Bali, memiliki beragam arsitektur yang unik dan berwarna-warni.
2. Yogyakarta
Yogyakarta adalah kota yang ramai dengan sekitar 500.000 penduduk dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di pulau Jawa. Kota itu sendiri juga merupakan pusat pendidikan dan budaya yang terkenal dengan seni rupa Jawa serta fasilitas wisata yang berkembang.
Wilayah Yogyakarta sering sempat dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Pada tahun 2006, lebih dari 300.000 rumah runtuh karena dampak dari gempa bumi, dan pada tahun 2010, lahar dari letusan gunung berapi menyebar ke beberapa desa terdekat.
3. Taman Nasional Komodo
Terletak di dekat Taman Nasional Komodo Flores, pulau ini terkenal di dunia karena komodonya. Komodo adalah kadal terbesar yang masih ada di bumi. Panjangnya mencapai 3 meter dan sering terlihat berkeliaran dengan bebas di pulau itu.
Jika ingin berwisata ke tempat ini, kamu harus ditemani oleh pemandu yang berpengalaman. Selain itu, kamu juga bisa melihat kuda liar, kerbau, dan kera berekor panjang.
4. Lombok
Dibandingkan dengan Bali yang terlalu komersial, Lombok juga tidak kalah populer. Lombok dan Kepulauan Gili, yang terkenal dengan terumbu karang lepas di pantainya adalah surga tropis. Kamu dapat menikmati semua yang ditawarkan Bali tanpa keramaian, entah itu berselancar, menikmati pantai, air terjun, berpetualang di hutan, dll.
Pemandangannya yang tak terlupakan dari hutan puncak bukit memberikan pengalaman hiking yang luar biasa bagi para backpacker.
Pastikan kamu memiliki pedoman keselamatan yang tepat jika kamu merencanakan perjalanan ke kawah dan hutan pulau, karena itu tidak sama seperti berjalan-jalan di taman.
5. Gunung Bromo
Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang merupakan bagian dari Rentang Sesar Tengger di Jawa Timur. Terletak sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, dan merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi dan terkenal di Indonesia.
Kawah di dalam gunung ini terus-menerus mengeluarkan asap putih serta pasir vulkanik halus yang membungkus seluruh gunung, dan kadang membuat orang merasa tidak nyaman.
6. Danau Toba
Danau Toba di pulau Sumatera adalah gunung berapi besar dengan panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Samosir adalah pulau terbesar di danau ini dan ada dua danau kecil di pulau itu di mana pengunjung dapat berenang di dua danau vulkanik yang hangat.
7. Toraja
Toraja adalah pulau tengah yang subur di bagian barat daya Sulawesi Selatan. Tempat ini dipenuhi dengan sawah, puncak batu kapur dan hutan bambu. Rumah bagi penganut animisme.
Setelah seseorang meninggal di tempat ini, tubuhnya akan diawetkan selama beberapa tahun sebelum upacara pemakaman dimulai. Acara pemakaman ini dapat berlangsung beberapa hari dan kemudian, tubuhnya akan dimakamkan di gua atau di pohon yang berlubang.
8. Flores
Flores adalah pulau yang indah. Tempat wisata paling terkenal di Flores adalah Kawah Kelly Mutu, yang memiliki tiga danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi.
Warna air danaunya dapat berubah sesuai dengan jumlah gas vulkanik yang terdapat di danau. Ketiga danau warna-warni ini wajib dikunjungi saat matahari terbit di puncak gunung berapi. Pantai utara memiliki banyak pulau lepas dan terumbu karang, yang menjadikannya ideal untuk aktivitas menyelam.
9. Bunaken
Terletak di bagian utara Sulawesi, Bunaken adalah salah satu pulau paling terkenal di Indonesia dan merupakan tujuan yang bagus untuk aktivitas menyelam dan berenang. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Laut Bunaken, di mana kamu dapat melihat lebih dari 70% ikan yang hidup di Pasifik barat.
Menyelam di sini membutuhkan keterampilan menyelam yang matang, terutama bagi penyelam berpengalaman. Ada banyak terumbu karang yang indah di perairan dangkal dekat garis pantai. Hal ini menarik banyak perhatian dari para pecinta aktivitas menyelam.
10. Kepulauan Raja Ampat
Terletak di ujung barat laut Papua Nugini, Raja Ampat adalah salah satu tempat tujuan menyelam paling menarik di Indonesia. Raja Ampat sendiri mempunyai arti "empat negara asing" dan terdiri dari empat pulau yang tertutup hutan dengan laguna pirus, pantai, deretan pohon palem, dan ribuan pulau-pulau kecil.
Raja Ampat dikenal dengan kekayaan biota laut dan terumbu karang bawah lautnya. Pulau ini juga memiliki pantai yang spektakuler dengan air berwarna biru pucat dan pasir putih yang bersih.