Binatang-Binatang Australia
Australia adalah negara yang memonopoli seluruh benua. Benua ini terpisah dari benua lain sejak awal, dan banyak hewan kecil yang unik di Australia kini, telah berevolusi.
Hewan-hewan kecil ini hidup di benua Australia, dan jika bukan karena munculnya zaman pelayaran, mereka mungkin tidak akan pernah ditemukan.
Menurut statistik, ada sekitar 650 spesies burung di dunia, 450 di antaranya adalah endemik Australia. Marsupial dunia, dengan pengecualian Amerika Selatan, sebagian besar didistribusikan di Australia.
Bahkan lambang nasional mereka memiliki pola seekor hewan, yang menunjukkan betapa pentingnya hewan-hewan ini bagi Australia.
1. Kanguru
Kanguru adalah hewan perwakilan dan harta nasional negara Australia, tetapi harta nasional ini dapat diburu secara legal di Australia karena pembiakannya yang berlebihan.
Ada lebih dari 50 spesies kanguru, mulai dari ukuran 30 sentimeter hingga 3 meter. Beberapa memiliki tinggi yang hampir sama dengan seorang pria berotot, yang lainnya sekecil tikus besar.
Ada anekdot yang begitu menarik tentang nama kanguru. Konon pada tahun 1770, seorang navigator Inggris tiba di pantai timur Australia. Dia melihat hewan ini untuk pertama kalinya dalam hidupnya, jadi dia memberi isyarat dan bertanya kepada seorang pria aborigin apa itu. Pria aborigin itu menjawab: "Kanguru".
Sejak itu, marsupial yang melompat ini telah ditulis ke dalam kamus bahasa Inggris dengan nama "Kangaroo". Sebenarnya, Kanguru berarti "tidak tahu" dalam bahasa Aborigin.
2. Koala
Koala juga merupakan harta nasional Australia. Koala tidak minum air karena makanannya, daun kayu putih, sudah mengandung cukup kandungan air.
Koala juga memiliki kantung, tetapi tidak seperti kanguru. Koala memiliki kantung dengan bukaan menghadap ke bawah. Koala sangat terpukul oleh kebakaran yang sempar di Australia, dan bahkan lebih sulit lagi bagi hewan langka ini untuk bertahan hidup, karena sejak awal, mereka berjumlah kecil.
Untungnya, bencana sudah berakhir sekarang, dan budidaya koala telah dilakukan dengan lancar. Mudah-mudahan, dalam jangka waktu yang singkat, akan ada banyak koala berwajah imut baru yang terlahir di hadapan semua orang.
3. Emu
Di lambang nasional Australia, selain kanguru, terdapat hewan lain yaitu emu! Baik kanguru maupun emu, keduanya memiliki persamaan. Yang pertama adalah mereka berdua tidak memiliki tempurung lutut, yang berarti mereka hanya bisa bergerak maju, tapi tidak bisa mundur.
Ini mewakili semangat negara Australia untuk terus maju. Yang kedua adalah kedua hewan ini besar dan kuat tetapi memiliki kepala yang kecil. Emu juga merupakan hewan yang unik di Australia.
Hewan ini terlihat seperti burung unta yang berada di gurun Arab, tetapi tubuhnya lebih tinggi dan lebih besar dari burung unta. Emu adalah salah satu burung terbesar di dunia.
Biasanya tingginya bisa mencapai lebih dari 1 meter dan beratnya mencapai puluhan kilogram. Sayap dan ekor emu telah mengecil, sehingga mereka tidak bisa terbang. Tapi mereka pandai berenang dan bahkan lebih baik saat berlari. Emu dapat berlari hingga 60-70 kilometer per jam dan memiliki reputasi sebagai "pelari jarak jauh".
4. Platipus
Seperti yang kita ketahui, mamalia tidak bertelur, dan hewan yang bertelur tidak menyusui. Tapi platipus adalah pengecualian, karena mereka menyusui dan bertelur, dan mengerami telurnya seperti burung.
Namun, ibu platipus tidak memiliki puting susu, sehingga bayi platipus tidak mengisap, tetapi menjilati kelenjar susu ibu mereka yang akan mengeluarkan ASI. Apakah platipus itu burung, binatang buas, atau reptil?
"Kasus yang belum terpecahkan" ini telah diperdebatkan di komunitas zoologi selama hampir 100 tahun, karena distribusi hewan ini terbatas di Australia selatan dan Tasmania, sehingga membatasi upaya penelitian.
Kemudian, pada tahun 1880-an para ahli zoologi mengaitkannya dengan ordo monotremata dari subkelas protozoa mamalia dan menamakannya "platipus".
5. Echidna
Echidna adalah kerabat dekat platipus. Ia memiliki duri di punggungnya dan terlihat seperti landak pada pandangan pertama. Ia memiliki mata yang kecil dan penglihatan yang buruk, tetapi ia sangat peka terhadap getaran yang sangat kecil di dalam tanah.
Echidna memiliki paruh yang runcing. Makanan mereka adalah semut dan rayap. Ketika echidna ketakutan, ia akan meringkuk dengan cepat menjadi bentuk bulat seperti landak, sehingga pemangsanya hanya melihat "bola duri" tanpa kepala, yang sulit untuk diserang.
Selain itu, anggota tubuhnya pendek dan kuat, serta dapat dengan cepat menggali tanah. Kemudian, mereka mengubur dirinya di dalam tanah, atau mengaitkannya ke akar pohon, sehingga tidak mungkin bagi pemangsa untuk memakannya.
6. Tasmanian Devil
Nama ini terasa begitu menakutkan, namun nyatanya, penampakan hewan ini cukup imut. "Iblis Tasmania" adalah nama yang diberikan oleh orang Eropa karena mereka menganggap panggilan Iblis Tasmania itu menakutkan dan terdengar seperti keledai yang sedang marah.
Bahkan, Iblis Tasmania terdengar 10 kali lebih menakutkan daripada hewan lainnya! Iblis Tasmania tidak pandai berburu dan kebanyakan hidup dengan memakan sisa bangkai. Mereka terlihat seperti beruang yang lucu, tapi jangan tertipu.
Begitu mereka membuka mulutnya, kamu akan melihat rahang yang cukup kuat untuk mematahkan tulangmu. Ketika telinga abu-abunya mulai berubah menjadi merah, berlarilah secepat yang kamu mampu, karena ini merupakan ciri-ciri mereka saat hendak melakukan serangan.
7. Wombat
Wombat adalah hewan berkantung yang hanya dapat ditemukan di Australia. Mereka memiliki tubuh yang kekar seperti seekor beruang dan kaki yang pendek.
Mata kecilnya dan wajahnya terlihat seperti tikus. Meskipun memiliki kaki yang pendek, tubuh mereka berotot. Panjang tubuh mereka sekitar 1 meter, dan memiliki ekor yang pendek.
Lucunya, mereka lebih pendek dan gemuk daripada koala. Dalam kebakaran yang terjadi di Australia, mereka adalah pahlawan yang patut diacungi jempol! Wombat suka tinggal di gua dan pandai menggali.
Selama kebakaran hutan, mereka membuka gua dan menampung banyak hewan kecil yang datang untuk berlindung. Ada banyak hewan-hewan kecil yang selamat di gua-gua wombat.