selai segar
Plum rasanya asam dan manis, dengan kandungan asam buah yang tinggi, kaya vitamin C, dan kaya serat makanan. Buah plum juga bisa dibuat menjadi selai yang enak dan tidak boros, tidak hanya mempertahankan kelezatannya, tetapi juga mudah disimpan.
Plum adalah buah yang umum di musim panas. Buahnya berasa asam, dan merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi orang setiap hari. Plum bisa dimakan langsung atau direbus menjadi selai. Tidak hanya memiliki banyak cara untuk makan, tetapi juga memiliki nilai gizi yang kaya. Ini mengandung berbagai antioksidan, dll, dan nilai gizinya juga dipertahankan setelah dibuat menjadi selai.
1. Meningkatkan pencernaan
Karena saus plum rasanya asam, dapat mempercepat motilitas gastrointestinal dan meningkatkan sekresi asam lambung dan enzim pencernaan lambung. Bagi orang yang tidak mudah dicerna, mengonsumsi buah plum dapat melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, dan juga mengobati sembelit. Ini adalah buah yang sangat cocok untuk perawatan adjuvant tubuh.
2. Baik untuk kesehatan jantung
Selai plum kaya akan antioksidan seperti antosianin dan vitamin C, yang dapat mencegah akumulasi kemacetan, menjaga kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit lainnya.
3. Kecantikan
Tak disangka, selai plum juga memiliki efek kecantikan. Selai plum kaya akan antioksidan seperti vitamin C, dan konsumsi secara teratur dapat menghambat penuaan kulit, dan juga dapat membantu menghilangkan kotoran seperti flek pada wajah.
4. Membantu menurunkan tekanan darah
Karena plum mengandung minyak lemak, percobaan telah menunjukkan bahwa selai plum memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah, dan dapat mempercepat motilitas dan pencernaan gastrointestinal, dan juga membantu meredakan batuk. Efeknya sangat signifikan.
5. Memperbaiki anemia
Plum tidak hanya kaya akan asam amino, tetapi juga kaya akan beta-karoten, potasium, dan zat besi, yang secara efektif dapat memperbaiki anemia, pusing, dan masalah lainnya. Selain itu, vitamin B12 dalam plum dapat meningkatkan regenerasi hemoglobin, dan juga sangat bermanfaat bagi penderita anemia untuk makan selai plum dengan benar.
Karena selai plum memiliki begitu banyak manfaat dan nilai gizi yang tinggi, bagaimana sebaiknya kita membuat selai plum sendiri? Mari kita belajar bersama hari ini.
Bahan:
1000g plum
100 gr gula batu
Jus lemon dalam jumlah sedang
2 sendok makan maltosa
40 gr gula halus
Tepung maizena secukupnya
Metode Produksi:
1. Masukkan buah plum ke dalam panci, tambahkan air secukupnya, tambahkan satu sendok makan tepung maizena, dan bersihkan debu pada kulit luar buah plum.
2. Buang inti prem dan potong kecil-kecil, yang memungkinkan Anda memakan potongan besar daging buah dalam selai.
3. Tambahkan gula batu yang sudah dihancurkan, aduk rata, dan masukkan ke dalam kulkas selama 6 jam. Untuk lebih banyak rasa, Anda bisa mendinginkannya semalaman.
4. Keluarkan plum dari lemari es, tuangkan semuanya ke dalam panci listrik anti lengket, dan rebus dengan api kecil.
5. Langsung nyalakan gigi api rendah dari panci pemanas listrik, dan terus aduk selama periode tersebut.
6. Saat plum direbus secara bertahap, tambahkan setengah gula bubuk hingga mendidih, aduk terus.
7. Saat selai menjadi lebih tebal dan lebih tebal, tambahkan setengah terakhir gula bubuk dan aduk rata.
8. Masukkan perasan lemon secukupnya, lalu tambahkan 2 sendok makan maltosa, aduk terus, masak hingga mengental dan matikan api.
9. Masak botol kaca berisi selai terlebih dahulu, sterilkan, lalu balikkan botol untuk mengalirkan air.
10. Sebelum selai didinginkan hingga 85 derajat, masukkan ke dalam botol yang disterilkan, taruh terbalik sampai benar-benar dingin, dan masukkan ke dalam lemari es untuk disimpan.
Selai plum manis dan lezat sudah siap. Selai yang sudah disiapkan dikemas dalam kantong makanan kecil dan ditempatkan di freezer selama setengah tahun, dan rasanya tidak akan memburuk. Anda dapat menggunakannya untuk mencampur yogurt, dan Anda juga dapat membuat kue gulung dan berbagai roti sandwich.