Kopi Terkenal di Dunia
Saat ini, kopi telah menjadi salah satu minuman paling populer di dunia, dan masih banyak manfaat lain dari minum kopi, seperti mempercepat metabolisme, anti oksidasi, dan menjaga keremajaan kulit. Mari kita lihat asal dan varietas kopi yang terkenal itu.
1. MOGIANA, Brasil
Brasil adalah produsen kopi terbesar di dunia, menyumbang sepertiga dari output dunia, menjadikannya pemimpin dalam industri kopi. Kopi yang diproduksi di wilayah Morgiana adalah salah satu yang terbaik di Brasil dan biasanya diekspor dengan nama kopi Santos, yang secara historis menjadi pelabuhan utama ekspor kopi Brasil. Morgiana Paulista (Paulista) memiliki iklim sedang dan ketinggian 750-1200 meter. Tanah berpasir Morgiana berwarna merah karena kandungan besinya yang tinggi. Suhu rata-rata di sini adalah 20 °C, dan curah hujan tahunan rata-rata adalah 1.700 mm. Curah hujan terkonsentrasi di musim semi dan musim gugur. Tidak ada hujan dari Mei hingga September. Periode ini kondusif untuk memanen kopi dan mengeringkan buah batu. Wilayah ini terletak di negara bagian São Paulo, berbatasan dengan negara bagian Minas Gerais. Pelabuhan ini dibagi menjadi 3 zona yang disebut High, Medium dan Low Mogiana. Dua yang pertama adalah daerah penghasil kopi arabika murni alami, terkenal di dunia karena kualitas kopinya yang sangat baik, dengan body yang baik, keasaman yang seimbang, dan aroma kakao dan cokelat yang unik.
2. Robusta, Vietnam
Vietnam dengan cepat meningkat menjadi produsen kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Biji kopi robusta sebagian besar ditanam di Vietnam, yang sangat tahan dingin dan lebih mudah tumbuh, dengan hasil yang relatif tinggi dan ketahanan yang kuat terhadap hama dan penyakit. Meskipun biji robusta memiliki hasil panen yang tinggi dan harga yang murah, namun kualitasnya juga relatif rendah. Biji kopi robusta memiliki rasa pahit dan jarang terlihat di kedai kopi biasa, dan umumnya digunakan dalam produksi kopi instan.
3. Sidamore, Etiopia
Perkebunan kopi Sidamo terletak di dataran tinggi vulkanik yang subur pada ketinggian 1800 meter, dengan suhu rata-rata 27°C, dan curah hujan paling tinggi pada bulan Februari hingga April (rata-rata tahunan 600-2000 mm). Buah kopi arabika di wilayah ini memiliki musim tanam yang panjang, masak antara bulan Agustus dan Desember, dan biasanya dipetik dengan tangan dan diproses dengan proses basah. Biji kopinya berukuran kecil dan berwarna abu-abu. Saat dicicipi, kopi ini menunjukkan kualitas unggul dari proses basah yang khas, dengan body yang ringan, tanpa rasa pahit, keasaman yang baik dan konsentrasi aroma yang tinggi. Aromanya sangat kompleks: pertama bunga, madu, jeruk dan buah-buahan tropis, kemudian buah kering dengan sedikit rempah-rempah dan terkadang hewan liar untuk menambah kedalaman dan kekayaan.
4. Pastorres, Antigua, Guatemala
Perkebunan kopi Pastorres di Antigua, Guatemala dibangun pada abad ke-18 dan saat ini terletak di lereng bukit vulkanik tidak jauh dari Antigua, Guatemala's Cavalier City, pada ketinggian 1500-1800 meter. Antigua adalah ibu kota Guatemala pada abad ke-16. Hutan lebat di sini meningkatkan kesuburan tanah vulkanik dan memberikan keteduhan yang cukup untuk pohon kopi. Buah kopi matang pada bulan Agustus-September dan masih sering dipetik secara manual, kemudian ampas dikeluarkan, difermentasi, dan kemudian dikeringkan di udara terbuka. Di antara kopi yang diproduksi di Guatemala, Antigua Pastorres adalah salah satu varietas terbaik. Saat dipanggang, bijinya lebih lunak, yang memungkinkannya mempertahankan keasaman yang baik dan aroma yang sangat kompleks dan intens. Aromanya termasuk aroma bunga, buah segar, panggang (roti dan kakao) yang intens, serta licorice dan adas manis.
5. Kayu pinus, Haiti
Varietas ini berasal dari Céault, wilayah tenggara pulau Haiti, di mana wilayah penghasil kopi paling terkenal memiliki suhu rata-rata 25 ° C, dan musim kemarau antara November dan Mei, diikuti oleh musim hujan. Ada perbedaan suhu yang signifikan antara siang dan malam, yang menciptakan aroma berharga dalam biji kopi. Perkebunan di sini terutama menanam beberapa varietas kopi biasa, dan pohon kopi tumbuh di tanah liat pada ketinggian 1600 meter. Buah batu dipanggang basah dan dipanggang secara profesional, dengan aroma kue kering yang berbeda (karamel, biskuit) dan buah kering (terutama almond) saat dicicipi.