Rahasia Percaya Diri
Dalam kehidupan, banyak orang tidak suka difoto oleh orang lain, dan terutama menolak menghadap kamera. Ada dua alasan utama untuk situasi ini:
Pertama-tama, itu dipengaruhi oleh "efek eksposur", juga dikenal sebagai efek "lihat lebih banyak", yang merupakan fenomena psikologis yang berarti bahwa orang lebih suka hal-hal yang sering mereka lihat dan lebih akrab dengannya.
Pada 1960-an, psikolog Zaronc pernah melakukan eksperimen yang menarik: ia mengorganisir sekelompok mata pelajaran, menunjukkan kepada mereka album kelulusan sekolah tertentu, dan sebelum membaca, menegaskan bahwa mereka tidak tahu dan belum pernah melihat kelulusan. Untuk orang-orang di album, setelah membaca album kelulusan, biarkan subjek melihat foto-foto ini. Beberapa foto ini muncul lebih dari selusin kali, beberapa muncul lebih dari dua puluh kali, dan beberapa hanya muncul sekali atau dua kali. Setelah itu, subjek diminta untuk menilai seberapa besar mereka menyukai orang di foto. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa mereka yang paling banyak muncul di Foto adalah yang paling populer di antara subjek, dan hasil ini dipengaruhi oleh "efek eksposur".
Orang-orang yang tidak suka mengambil gambar biasanya merasa bahwa mereka tidak di cermin, yang berarti bahwa gambar lebih jelek daripada orang yang nyata. Tepatnya, mereka berpikir bahwa diri dalam gambar itu jelek daripada diri di cermin. Secara umum, orang lebih sering bercermin daripada mereka. Semakin sering saya mengambil gambar, semakin saya menyukai diri saya di cermin, dan saya tidak ingin mengambil gambar.
Kedua, dipengaruhi oleh "efek wajah beku". Apa yang disebut "efek wajah beku" diusulkan oleh psikolog Robert Bost, yang berarti bahwa untuk orang yang sama, orang dalam video akan lebih baik daripada orang di tangkapan layar video yang sama. Lebih tampan hanya untuk memahami adalah orang yang sama, dinamis akan terlihat lebih baik daripada statis. Dengan perkembangan dan evolusi manusia yang terus menerus, otak menjadi lebih terbiasa mengenali wajah dinamis daripada wajah statis, sehingga wajah statis dalam foto lebih jelek, tentu saja pengambilan gambar akan ditolak.
Karena itu, takut pada kamera adalah tanda kurangnya kepercayaan diri. Kepercayaan diri bukanlah bawaan. Itu bisa dibudidayakan melalui kerja keras. Model berani menunjukkan diri dengan berani di depan kamera. Manifestasi utama adalah dalam postur berjalan mereka. Ketika orang biasa berjalan, mereka meluruskan kaki, lutut dan jari kaki menghadap ke depan, gerakannya rapi, dan kakinya penuh kekuatan. Dari depan, Anda akan tampak tinggi, ramping, dan mendominasi, dan dari samping, Anda akan tampak memiliki temperamen yang unggul karena ketenangan dan keteguhan Anda. selain itu, lakukan hal-hal yang anda kuasai atau sukai secara ekstrem, bahkan jika Anda hanya berlari 500 meter setiap hari, Anda akan mengumpulkan kepercayaan diri sedikit demi sedikit di setiap acara pencapaian. Setiap orang unik di dunia ini. Alasan-alasan yang membuat Anda merasa rendah diri, ketika Tuhan memberi Anda, bukan untuk membuat Anda lebih rendah, tetapi untuk membuat Anda lebih unik, cantik dan kuat.