Pegunungan Setiap Benua
Pegunungan mengacu pada tubuh gunung yang memanjang di sepanjang arah tertentu dan terdiri dari beberapa punggung bukit dan lembah. Disebut pegunungan karena seperti urat nadi. Jadi apa gunung terbesar di setiap benua di dunia?
Asia: Himalaya
Himalaya adalah gunung tertinggi dan termegah di dunia. Terletak di antara Cina dan Nepal di Asia, tersebar di tepi selatan Dataran Tinggi Qinghai-Tibet, mulai dari Nanga-Parbat di Kashmir di barat dan Nanga Bawa di tikungan Brahmaputra di timur, dengan total panjang 2.400 kilometer. Diantaranya, lebih dari 110 puncak atau melebihi 7.350 meter di atas permukaan laut, yang merupakan pegunungan alami antara benua Asia Timur dan benua Asia Selatan.
Eropa: Pegunungan Alpen
Pegunungan Alpen adalah pegunungan terkenal di Eropa yang meliputi perbatasan utara Italia, Prancis tenggara, Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman selatan, dan Slovenia. Pegunungan Alpen memiliki 128 puncak di atas 4.000 meter di atas permukaan laut, di mana puncak tertinggi Mont Blanc adalah 4.808 meter di atas permukaan laut, terletak di persimpangan Prancis dan Italia. Pegunungan ini berbentuk busur, panjangnya 1.200 kilometer, dengan ketinggian rata-rata sekitar 3.000 meter.
Afrika: Pegunungan Atlas
Pegunungan Atlas adalah pegunungan di Afrika utara. Panjangnya 2.400 kilometer dan membentang di Maroko, Aljazair, Tunisia (dan termasuk Semenanjung Gibraltar), dan memisahkan pantai barat daya Mediterania dari Gurun Sahara. Ini adalah daerah pegunungan terbesar di Afrika dan bagian dari Pegunungan Alpen.
Oseania: Pembagian Besar
The Great Dividing Range, istilah umum untuk pegunungan dan dataran tinggi di utara New South Wales di Australia timur. Terletak di utara New South Wales dan kira-kira sejajar dengan garis pantai, dari Semenanjung Cape York hingga Victoria, membentang sekitar 3000 kilometer, dengan lebar sekitar 160 kilometer hingga 320 kilometer. Puncak tertingginya, Gunung Kosciusko adalah 2.230 meter di atas permukaan laut dan merupakan titik tertinggi di negara ini.
Amerika Utara: Pegunungan Rocky
Pegunungan Rocky, adalah tulang punggung Pegunungan Cordillera Amerika di Amerika Utara. Mereka terdiri dari banyak pegunungan kecil dan dikenal sebagai "tulang punggung" Amerika Utara. Pegunungan utama membentang dari British Columbia, Kanada ke barat daya Amerika Serikat. Negara bagian New Mexico memiliki panjang lebih dari 4.800 kilometer dari utara ke selatan, dan sangat luas dan tidak memiliki vegetasi. Seluruh Pegunungan Rocky terdiri dari banyak gunung kecil, yang ada 39 nama. Kecuali Sungai St. Lawrence, hampir semua sungai besar di Amerika Utara berasal dari Pegunungan Rocky, yang merupakan daerah aliran sungai yang penting bagi benua itu.
Amerika Selatan: Andes
Pegunungan Andes terletak di pantai barat Amerika Selatan, dengan panjang lebih dari 8.900 kilometer dari utara ke selatan, menjadikannya pegunungan terpanjang di dunia. Pegunungan Andes merupakan pegunungan tertinggi di dunia di luar Asia, dengan ketinggian rata-rata 3.660 meter. Puncak tertinggi adalah Gunung Aconcagua di Argentina, dengan ketinggian 6.962 meter. Ini adalah puncak tertinggi di belahan bumi barat dan belahan bumi selatan, dengan gunung berapi tertinggi di dunia. Pegunungan Andes berkisar dari Panama sampai ke Chili. Berjalan melalui bagian barat benua Amerika Selatan, dikenal sebagai "tulang punggung Amerika Selatan".