Gurun Seperti Krim
Ketika berbicara tentang gurun, karena tidak ada rumput dan kekeringan yang selalu membuat orang berpikir tentang kesunyian.
Di mata semua orang, bukankah gurun seharusnya berwarna kuning? Bagaimana dengan gurun putih? Mari kita lihat gurun putih terbesar di dunia.
Gurun Putih Farafra di Mesir terletak di dekat sebuah oasis lebih dari 300 kilometer barat daya Kairo di Mesir barat. Pasir di sini berwarna krem, putih bersalju, sangat kontras dengan gurun kuning di bagian lain dunia.
Gurun Putih mengambil namanya dari batu kapur putih yang menjulang tinggi di Gurun Putih Mesir, diukir dalam berbagai bentuk oleh erosi badai pasir selama ribuan tahun, seperti kelompok jamur raksasa. Berjalan di antara bukit pasir Farafra terasa seperti berjalan melewati es krim raksasa di Lilliput.
Batu-batu putih menumpuk dalam kelompok besar, seperti jamur yang keluar dari pasir. Bebatuan raksasa berbentuk unta di bukit pasir putih tampak menatap Sahara di kejauhan. Batu-batuan kecil berbentuk nada bertebaran di padang pasir, bagai alunan melodi, menerpa gerakan indah tertiup angin.
Potongan-potongan batu kecil berbentuk awan menutupi gurun. Dari kejauhan, tampaknya awan putih di langit mengambang di gurun, menambahkan sentuhan cerah ke gurun kuning yang monoton ini, dan orang tidak bisa tidak mengagumi keajaiban alam. Pemandangan gurun pasir putih memesona. Setiap kali matahari terbit, cahaya pagi memercik di atas pasir putih ini, dan cahaya suci terbit.
Selain gurun putih ini, ada gurun lain yang tak kalah terkenalnya. Mereka sangat misterius tetapi memiliki daya tarik yang tidak dapat dijelaskan dan penuh dengan banyak hal yang tidak diketahui. Mari kita lihat mereka bersama.
1. Gurun Sahara
Gurun Sahara ada 2,5 juta tahun yang lalu dan merupakan gurun terbesar di dunia di luar Antartika. Bagian utara gurun ini dikelilingi oleh Pegunungan Atlas dan meliputi area seluas 8,6 juta kilometer persegi, hampir semuanya adalah Afrika Utara. Meskipun suhunya sangat tinggi, itu menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia, dan industri pariwisata yang membuatnya berkembang dengan sangat baik.
Didorong oleh angin, wajah Gurun Sahara terus berubah. Lautan pasir dan bukit pasirnya yang besar telah mencapai ketinggian maksimum 500 meter, dan bukit pasir ini dihancurkan kembali dan dibentuk menjadi berbagai bentuk setiap hari. Gurun Sahara memang penuh misteri. Sebelum terbentuknya Gurun Sahara, penuh dengan gua-gua yang dipenuhi dengan ukiran dan lukisan, seperti mural renang.
2. Gurun Kalahari
Gurun Kalahari berukuran sangat besar dan sangat beragam dalam karakteristik iklim dan fisik. Tetapi hanya Barat Daya yang dapat dikatakan sebagai gurun sejati, dengan punggung bukit berumput dan bukit pasir kecil berwarna merah. Di bawah perwalian beberapa taman nasional Afrika Selatan, satwa liar tumbuh subur di sini, termasuk singa, macan tutul, cheetah, jerapah, dan banyak lagi.
Beberapa tambang berlian paling produktif di dunia juga ditemukan di Gurun Kalahari. Manusia yang menghuni ruang terbuka ini sekitar 20.000 tahun yang lalu adalah nenek moyang Bushmen yang tinggal di sana hari ini. Kerabat kuno mereka meninggalkan seni cadas dan sejarah mereka dicatat dengan cara yang sangat pribadi.