Panduan Tidur
Tidur jelas merupakan salah satu fungsi paling alami dan kuat yang dimiliki tubuh manusia untuk menjaga kesehatannya sendiri. Jika Anda ingin menjadi energik dan tampil baik keesokan harinya, Anda perlu banyak tidur.
Ketika Anda cukup tidur, Anda dapat berkonsentrasi, memiliki ingatan yang baik, dan menjadi kreatif dan termotivasi. Selain itu, tidur juga berperan penting dalam menjaga berat badan karena tidur mengontrol nafsu makan dan hormon kita.
Faktanya, kesehatan dan semua kinerja jangka pendek dan panjang kita tergantung pada kualitas tidur. Namun, dengan laju kehidupan modern yang cepat, banyak orang menderita insomnia, yang berdampak negatif pada tubuh dalam jangka panjang.
Berikut adalah beberapa tips tidur untuk Anda. Anda bisa mendapatkan tidur malam yang baik dengan mempersiapkan sebelum tidur, menyesuaikan mentalitas Anda, dll.
1. Ciptakan lingkungan yang nyaman
"Tenang", "redup" adalah kata kunci untuk alat bantu tidur; Anda dapat menyiapkan beberapa hal yang baik untuk membantu Anda tertidur, seperti penyumbat telinga, alat bantu tidur peredam bising, masker tidur, dll.
2. Menenangkan suasana hati Anda dan tertidur
Jika Anda ingin memiliki pengalaman tidur yang baik, Anda dapat menghindari hal-hal seperti melihat ponsel Anda, melihat komputer Anda, mengerjakan pekerjaan Anda sebelum tidur, dan menulis laporan kerja sebelum tidur. Hal ini akan mendorong tubuh untuk mengeluarkan kortisol (cortisol) yang dikenal sebagai hormon stres (atau hormon stres), yang hanya akan membuat Anda semakin tegang dan sulit untuk tertidur.
Dianjurkan agar Anda mandi air panas, membaca buku yang bagus, atau meregangkan otot dan tulang Anda satu jam sebelum tidur untuk membantu merilekskan tubuh dan pikiran Anda, yang semuanya dapat meningkatkan kualitas tidur.
3. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur
Ini termasuk minuman dan makanan ringan larut malam.
Dianjurkan agar Anda tidak minum cairan apa pun satu hingga dua jam sebelum tidur, termasuk air, kopi, alkohol, dll. Jika Anda minum terlalu banyak sebelum tidur, mudah ingin buang air kecil. Anda perlu mengistirahatkan ginjal Anda sebelum tidur.
Makan terlalu malam tidak hanya akan membuat Anda tidur nyenyak, tetapi juga secara serius mempengaruhi sekresi hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormone) dan melatonin (Melatonin). Selain itu, minyak berat dan makanan asin juga membuat perut tidak nyaman dan mempengaruhi kualitas tidur.
4. Dengan bantuan musik
Beberapa musik ringan yang menenangkan dapat membantu Anda tidur, ada berbagai suara yang membantu tidur, seperti white noise, dll. Anda juga dapat mencari alat bantu tidur audio seperti hipnotis "Yoga Rest" , "Musik 528 Hz", "Fluktuasi 1/f" dan "Musik gelombang otak alfa".
Jika tidak satu pun dari metode tidur ini membantu Anda, Anda mungkin memerlukan relaksasi psikologis yang lebih dalam.
1. Ubah cara Anda berpikir
Coba ubah cara berpikir Anda. Jangan selalu berpikir: Anda tidak bisa tidur malam ini, Anda akan mengalami hari yang buruk besok.
Katakan pada diri sendiri bahwa Anda menyadari kemungkinan bahwa tidur malam yang buruk akan berdampak buruk pada hari esok. Kemudian, jangan berpikir lagi dan jangan terjebak di dalamnya.
2. Terima kenyataan bahwa Anda tidak bisa tidur
Semakin banyak orang berjuang untuk tertidur, semakin mereka tidak bisa tidur, yang merupakan salah satu masalah terbesar dengan insomnia.
Jadi, terima kenyataan bahwa Anda tidak bisa tidur di tengah malam.
Perlahan, Anda akan tertidur.
3. Belajarlah untuk bersantai
Tidak bisa tidur pasti terasa tidak enak, tapi belajarlah untuk rileks.
Daripada membiarkan diri Anda bergumul dengan suasana hati yang buruk, lebih baik diam dan santai untuk menerima suasana hati yang buruk.
Ubah negatif menjadi positif.
Jika Anda akan memberikan pidato atau pernyataan penting besok, Anda mungkin merasa cemas dan tidak bisa tidur nyenyak.
Katakan pada diri Anda bahwa kekhawatiran ini normal, dan cobalah untuk menyambut dan menghargainya daripada mencoba mengusirnya.
Jika ada ketidaknyamanan di tubuh, orang mungkin tidak bisa tidur nyenyak; dan jika ada emosi negatif di hati, itu juga akan mempengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah fisik, harap mencari bantuan medis sesegera mungkin; jika Anda memiliki masalah psikologis, silakan berkonsultasi segera. Solusi lebih awal menguntungkan lebih awal. Sesuaikan dengan mentalitas Anda, berikan diri Anda petunjuk psikologis yang benar, dan rekomendasikan buku-buku seperti "Jalan Menuju Kebahagiaan", "Merasa Cinta", dan "Keajaiban Perhatian".