Meluncur dengan Aman
Skateboarding merupakan olahraga keren yang digandrungi banyak remaja, namun skateboard juga membawa risiko cedera, terutama jika tidak menggunakan alat pelindung diri. Berikut adalah beberapa perlengkapan pelindung yang harus dipakai pemula.
1. Helm skateboard
Helm adalah alat pelindung yang paling penting dalam skateboard. Anda dapat memilih helm olahraga atau helm yang dirancang khusus untuk bermain skateboard, tetapi harus sesuai dengan kepala Anda. Skateboard tanpa helm sangat berbahaya. Karena cedera kepala bisa sangat serius, Anda harus memakai helm untuk melindungi kepala Anda.
2. Sepatu skateboard
Skateboard tentu bisa dilakukan dengan sepatu biasa, tetapi bisa lebih sulit dan terkadang berbahaya, jadi skater pemula bisa memilih sepasang sepatu skate yang bagus. Ini dapat memenuhi kebutuhan pemain skateboard dengan lebih baik, seperti memberikan cengkeraman yang lebih baik, dan fitur lainnya seperti penguatan untuk area di mana sepatu dapat dipakai selama bermain skateboard, dan banyak lagi.
3. Pelindung siku dan pergelangan tangan
Jika Anda seorang pemain skateboard pemula, penting juga untuk melindungi pergelangan tangan dan siku Anda. Pemain skateboard pemula cenderung jatuh, dan ketika Anda jatuh, Anda secara tidak sadar merentangkan siku untuk menopang tanah, yang dapat menyebabkan cedera pada siku atau pergelangan tangan Anda. Namun, beberapa bantalan siku dapat membatasi gerakan Anda, jadi cobalah untuk memilih sesuatu yang ringan dan tahan lama.
4. Bantalan lutut
Dalam proses berolahraga, jika kita tidak hati-hati, sendi kita akan terluka, dan bantalan lutut akan memainkan peran pelindung yang baik. Jika sendi Anda pernah mengalami cedera, fungsi penyangga lutut saat ini adalah untuk mengurangi rasa sakit saat sendi bergerak dan mengurangi rasa sakit saat membungkuk.
Saat kita mempersiapkan peralatan skateboard ini, bukanlah hal yang mudah untuk belajar skateboard dengan baik. Papan ada di bawah kaki kita, dan bahaya ada di tubuh.Khusus untuk pemula, mereka masih sangat asing dengan papan, dan masih sulit untuk mengontrol pusat gravitasi. Hal-hal berikut yang harus diperhatikan untuk kelancaran saat bermain.
1. Pelajari tutorial dasar
Sebelum kita mulai berlatih, Anda dapat menonton lebih banyak materi dan video terkait. Pemula tidak boleh melompat di papan dengan terburu-buru. Mereka harus menonton lebih banyak tutorial dasar, artikel video tentang skateboard pemula, dll. sebelum memulai papan, untuk mengurangi risiko cedera bagi pemula sebanyak mungkin.
2. Terus berlatih
Jika Anda ingin bermain skateboard dengan baik, Anda harus menguasai keterampilan dan terus berlatih. Harus siap mental, olahraga ini keren, tapi di balik kerennya juga ada kesedihan dan rasa sakitnya. Skateboarding harus dimulai dengan jarak pendek, dan kemudian perlahan-lahan memperpanjang jarak setelah latihan berulang, dan bahkan meningkatkan kecepatan meluncur, tetapi Anda harus memperhatikan untuk mempertahankan pusat gravitasi dan mengendalikan arah.
3. Perhatikan keseimbangan
Kesulitan besar dalam skateboarding adalah bahwa pusat gravitasi tidak dikuasai dengan baik atau bisa di bilang mengendalikan keseimbangan. Khusus untuk pemula, alasan jatuh pada dasarnya karena keseimbangan yang tidak stabil. Jika seorang pemula tiba-tiba kehilangan keseimbangan saat meluncur, ia dapat menekan ujung atau ekor papan dengan kakinya, sehingga ujung atau ekor papan dapat berhenti.
4. Mengurangi tingkat cedera
Jatuh di skateboard tidak bisa dihindari. Apakah Anda seorang pemula atau orang yang sudah memiliki fondasi, ketika Anda tidak berhasil pada saat berlatih atau dengan kata lain mendarat tidak sempurna atau terjatuh, Anda harus mencoba untuk meringkuk tubuh Anda untuk menghindari risiko cidera yang serius.
5. Ikuti aturan keselamatan
Untuk mencegah cedera, belajarlah bermain skateboard di lokasi yang aman dan periksa tanah dari retakan atau serpihan, karena kerikil kecil dapat membuat skateboard berhenti tiba-tiba dan Anda bisa kehilangan keseimbangan dan jatuh ke depan. Jangan memakai headphone saat bermain skateboard, dan perhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda.