Tim Wanita Teratas
Bola basket adalah olahraga dengan popularitas dan perhatian tertinggi, dan itu juga berlaku di wanita. Pertandingan bola basket wanita selalu menarik banyak perhatian. Dalam hal kelas dunia bola basket wanita, negara mana yang harus dimasukkan? Artikel ini mencantumkan 5 tim teratas saat ini berdasarkan daftar Peringkat Dunia Bola Basket Wanita FIBA terbaru.
1. Bola basket wanita AS
Sejak pembentukan program bola basket wanita Olimpiade pada tahun 1976, tim bola basket wanita AS tidak pernah turun dari podium, memenangkan total 9 medali emas Olimpiade, 1 medali perak Olimpiade, dan 1 medali perunggu Olimpiade. Dalam sejarah Kejuaraan Dunia, mereka berpartisipasi 14 kali, di antaranya 10 kali memenangkan kejuaraan, dan 1 kali memenangkan urutan kedua. Dalam final bola basket putri Olimpiade yang diadakan tahun lalu, tim bola basket putri AS mengalahkan tim bola basket putri tuan rumah Jepang dengan skor 90-75, dan memenangkan kejuaraan ke-10 dalam sejarah tim dan kemenangan ke-55 berturut-turut di Olimpiade. Dalam bidang bola basket dapat dilihat dari situasi saat ini, kekuatan tim bola basket wanita AS bisa dikatakan lebih baik daripada tim bola basket putra AS.
2. Bola basket putri Spanyol
Kekuatan bola basket dunia adalah Amerika Serikat, diikuti oleh Spanyol. Dibandingkan dengan tim basket putra Spanyol di masa transisi bakat, tim basket putri Spanyol yang juga muncul setelah tahun 1990-an sebenarnya masih dalam masa keemasannya. Pada Olimpiade Tokyo tahun lalu, tim bola basket putri Spanyol kalah dari tim bola basket putri Prancis dengan selisih 3 poin di perempat final dan gagal. Namun, mereka adalah peraih medali perak Olimpiade 2016, dan mereka telah menjadi tiga tim teratas dalam tiga Piala Dunia terakhir, dan akumulasi poin mereka masih cukup untuk menjaga mereka di tempat kedua di dunia.
3. Bola basket wanita Australia
Mirip dengan gaya tim bola basket putra Australia, tim bola basket putri Australia memiliki permainan yang sangat baik dan gaya permainan yang tangguh. Ada sekitar setengah dari pemain WNBA di tim jangka panjang. Dalam Kejuaraan Dunia 2006, Australia memenangkan kejuaraan, menjadi tim ketiga dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia, dan mengumumkan kebangkitannya. Di Olimpiade, tim bola basket wanita Australia telah naik podium empat kali, memenangkan tiga medali perak pada tahun 2000, 2004 dan 2008, dan satu medali perunggu pada tahun 1996. Karena rekor mereka yang luar biasa, tim bola basket wanita Australia telah menduduki peringkat teratas di dunia untuk waktu yang lama. Di Piala Dunia 2018 dan final melawan tim bola basket wanita AS, tetapi masih kalah 56-73, jaraknya relatif jelas. Setelah Liz Cambage tidak bermain lagi, kekuatan mereka saat ini telah menurun secara signifikan.
4. Bola Basket Wanita Kanada
Baik itu bola basket pria atau bola basket wanita, orang Kanada telah membuat kemajuan pesat dalam sepuluh tahun terakhir, dan banyak pemain bola basket yang dapat bertahan di NBA atau WNBA telah muncul. Bahkan, dalam hal olahraga perguruan tinggi, karena kedekatannya dengan Amerika Serikat, banyak atlet elit Kanada juga pergi ke Amerika Serikat lebih awal untuk berkembang dan berbakat di bawah sistem pelatihan Asosiasi NCAA. Memasuki tahun 2010-an, tim basket putri Kanada sudah termasuk yang terbaik di dunia.
5. Bola basket wanita Prancis
Tim bola basket wanita Prancis, yang memiliki tinggi badan dan bakat atletik, adalah tim yang telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum Olimpiade London 2012, mereka hanya memiliki satu pengalaman lolos ke putaran final Olimpiade, tetapi di Olimpiade Tokyo tahun lalu, mereka mencapai semifinal dalam pertempuran meraih medali perunggu mengalahkan Serbia. Patut disebutkan bahwa di Piala Dunia terakhir, tim bola basket putri China kalah dari Prancis di pertandingan kualifikasi 5-6 dan akhirnya merebut urutan keenam.