Burung Bermulut Besar
Pelikan adalah burung yang suka berteman, mereka suka bekerja dalam kelompok. Setiap kali pelikan memancing dalam kelompok, orang dapat melihat pemandangan spektakuler pelikan yang menyelam dari udara satu demi satu di laut.
Pelikan sering hidup berkelompok di alam liar, selain berenang, mereka menghabiskan sebagian besar hari mereka berjemur di pantai atau merawat bulu mereka. Pelikan memiliki mata yang tajam, bahkan ketika mereka terbang tinggi, ikan yang berkeliaran di air tidak dapat lepas dari mata mereka. Jika sekelompok Pelikan menemukan sekumpulan ikan, mereka akan berbaris dalam garis lurus atau setengah lingkaran untuk mengepung, mendorong kumpulan ikan ke perairan dangkal tepi sungai. Pada saat ini, mereka akan membuka mulut besar mereka, dan ikan akan bergegas ke mulut mereka. Kemudian, mereka menutup mulut mereka, mengecilkan kantung tenggorokan untuk memeras air, dan menelan ikan yang lezat ke dalam perut untuk makanan yang lezat.
Strategi penangkapan ikan bervariasi menurut spesies dan lokasi. Pelikan coklat menukik turun dari langit menuju ikan di air, menangkap ikan seperti jaring dengan mulut besar berbentuk kantong. Kebanyakan pelikan bekerja dalam kelompok, menangkap ikan sambil berenang. Mereka berbaris dalam garis lurus atau dalam bentuk U dan memukul air dengan sayap mereka untuk memaksa ikan berenang ke perairan yang lebih dangkal. Pelikan mengambil ikan saat mereka berkumpul di perairan dangkal. Ada kelenjar minyak kuning di tumit bulu ekor pendek mereka, yang bisa mengeluarkan banyak minyak. Saat bebas, mereka sering menggunakan mulutnya untuk mengolesi bulu di seluruh tubuh, membuat bulu halus dan lembut.
Ketika pelikan akan lepas landas dari air, pertama-tama ia akan mengepakkan sayapnya dengan cepat di permukaan air dan terus mengayuh dengan kakinya di dalam air. Di bawah aksi dorongan besar, pelikan secara bertahap dipercepat, dan kemudian perlahan-lahan mencapai kecepatan lepas landas, meninggalkan air dan perlahan terbang ke langit. Terkadang, pelikan yang makan terlalu banyak bisa menjadi sangat berat sehingga tidak bisa lepas landas dengan mulus dan hanya bisa mengapung di permukaan air.
Pelikan ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia, sebagian besar di Asia, Eropa, Afrika, dan Australia. Selama kawin dan berkembang biak, mereka biasanya berkumpul di koloni yang lebih besar di pulau itu. Kehidupan pengembangbiakan pelikan juga sangat menarik. Setelah berpasangan, mereka tidak akan berganti pasangan seumur hidup. Ketika burung betina memilih burung jantan, mereka juga mengharuskan jantan untuk melakukan serangkaian tindakan pacaran. Ketika burung jantan mendekati pasangannya, mereka sering mengepakkan sayap dan menari, dan terus menggiling dan menyisir bulunya dengan paruhnya untuk menyenangkan pasangannya.
Koloni pelikan putih Amerika Utara berkembang biak di pulau-pulau di danau di Amerika Utara bagian tengah dan barat. Pelikan berpasangan pada populasi mana pun setiap saat berada dalam tahap siklus reproduksi yang sama. Seperti beberapa spesies lain, pelikan Amerika Utara bermigrasi. Pelikan coklat berkembang biak di pantai tropis dan subtropis di sepanjang pantai Atlantik dan Pasifik.