Cara Membersihkan Tanaman
Merawat tanaman tak cukup hanya dengan memberi air dan pupuk. Namun Anda juga perlu tahu cara membersihkan tanaman hias.
Pada dasarnya tanaman hias memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah. Salah satunya, tanaman hias menambahkan nuansa alami dan hijau pada dekorasi rumah. Meski begitu, jangan lupa pada setiap detil perawatan tanaman hias agar dapat tumbuh dengan baik. Ini termasuk membersihkan daun tanaman hias Anda secara berkala.
Berikut ini beberapa cara membersihkan tanaman hias yang dapat diterapkan :
• Semprot Tanaman dengan Larutan Sabun
Salah satu cara membersihkan tanaman hias dapat dilakukan dengan menyemprotnya menggunakan larutan sabun, terutama pada tanaman hias yang ditempatkan di luar dan terkena asap dari kendaraan.
Caranya, campurkan 1/4 sendok teh sabun cuci piring dengan satu liter air, kemudian semprotkan pada bagian daun. Setelah itu, keringkan daun dengan mengelapnya secara lembut dan pastikan bahwa tidak ada sisa sabun yang tertinggal.
• Kebas dengan Kemoceng
Cara membersihkan daun tanaman hias yang berdebu namun tidak terlalu tebal, bisa dengan kemoceng berbulu halus.
Caranya dengan menyapu permukaan daun secara perlahan supaya tidak tergores. Teknik ini bisa dilakukan untuk jenis daun yang tumbuhnya menumpuk. Selain itu, membersihkan daun tanaman menggunakan kemoceng ini sangat disarankan bagi tanaman indoor.
• Mengelap daun tanaman dengan kain
Salah satu metode sederhana berikutnya adalah menyeka debu dari daun tanaman hias. Cara ini bekerja paling baik untuk tanaman yang tidak terlalu kotor dan hanya memiliki sedikit daun atau daunnya berukuran lebih besar.
Namun, metode ini bukanlah pilihan yang efisien untuk tanaman dengan banyak daun yang lebih kecil, tetapi dapat digunakan jika Anda ingin menghabiskan waktu dan energi. Cara ini pun membersihkan daun tanpa meninggalkan bintik-bintik air. Satu-satunya bahan yang diperlukan untuk membersihkan daun Anda dengan cara ini adalah selembar kain dan air hangat. Kain tersebut bisa berupa waslap, handuk tangan, atau kain mikrofiber, yang penting bahannya cukup lembut untuk mencegah permukaan daun tergores. Pilihan yang lebih baik lagi adalah dengan memotong kaos lama dan menggunakan potongan kain untuk menyeka tanaman Anda.
• Bersihkan dengan sikat
Tanaman dengan daun berbulu halus perlu dibersihkan dengan metode selain air, karena air dapat merusak bulu-bulu halus pada permukaan daun. Dalam kasus ini, gunakan sikat lembut seperti kuas cat kerajinan kecil, sikat gigi berbulu lembut, atau sesuatu seperti sikat jamur untuk membersihkan daun tanaman. Metode ini bekerja dengan baik pada tanaman dengan bulu halus seperti Violet Afrika. Bulu halus menarik debu dan kotoran tetapi bisa rusak jika air masuk ke daun. Sikat lembut membujuk kotoran dan debu keluar dari sela-sela rambut tanpa menyebabkan kerusakan. Bulu yang lembut dengan lembut menyapu kotoran dan kotoran.
• Celupkan ke Air Hangat
Pada tanaman hias dengan ukuran daun kecil, cara yang paling tepat digunakan untuk membersihkan daunnya adalah mencelupkan ke air hangat. Namun, pastikan untuk menjaga tanah di dalam pot tetap kering.
Asalkan dilap secara rutin, daun tanaman hias Anda akan terhindar dari kusam, berdebu, dan tetap mengilap. Semoga bermanfaat!