Karakteristik Bunga Peony
Peony, Paeonia (genus), merupakan tanaman berbunga yang hidup perennial di wilayah subtropis
Bunga peony ini termasuk kedalam jenis tumbuhan hias yang bergenus tunggal, peony digolongkan kepada keluarga Paeniaceae. Peony juga dikategorikan sebagai tanaman rempah yang termasuk pada tumbuhan tahunan. Keindahan bunga peony juga dilengkapi dengan makna dan arti yang disampaikan oleh bunga tersebut. Bunga ini dikenal sebagai bunga cinta selain bunga mawar.
Tumbuhan ini bisa hidup dengan tinggi mulai dari 50 cm sampai 1.5 meter. Peony yang tergolong kepada tumbuhan semak ini bisa tumbuh mencapai 2 sampai 3 meter. Peony hidup dengan subur pada akhir musim semi sampai pada awal musim panas. Tanaman peony memiliki bunga dengan beragam warna seperti putih, kuning, merah jambu, merah, merah tua dan juga ungu. Bunga peony memiliki bau yang harum.
Bunga peony sangat indah, dan jika kita menambahkan bahwa tanaman yang menghasilkannya hidup dengan baik di taman maupun di pot, tidak akan sulit bagi kita untuk mempercantik balkon, teras, patio, atau bahkan sudut yang kita miliki.
Tampilan indah dari bunga peony seringkali dijadikan sumber inspirasi oleh para seniman. Bunga ini menjadi salah satu jenis bunga yang sering dipakai dalam seni ornament. Keindahannya sudah diakui sejak zaman dahulu, seperti ditemukannya beragam jenis bunga – bunga pada keramik dan lukisan-lukisan di Tiongkok. Selain memiliki tampilan bunga yang indah, bagian lain dari tumbuhan peony bisa dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan. Orang China biasanya menggunakan akar, kulit kayu, biji dan juga bunga satu ini sebagai ramuan untuk menghilangkan rasa sakit, pencegah infeksi dan juga sebagai penurun panas.
Itulah karakteristik bunga peony. Semoga bermanfaat!