Mengenal Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda adalah benda langit terjauh yang bisa diamatin dengan mata telanjang.
Galaksi Andromeda merupakan tetangga terdekat galaksi yang kita tinggali, Bima Sakti. Andromeda bahkan dapat lihat dengan mata telanjang, tetapi hanya pada malam yang yang cerah namun tanpa polusi cahaya lampu maupun sinar bulan. Kedekatan Andromeda dengan bumi berjarak 2,5 juta tahun cahaya (2,4×10^19 km) menjadikannya target yang nyaman untuk mengamati galaksi spiral itu.
Galaksi Andromeda juga merupakan galaksi spiral. Namun, para astronom melihat area di dekat pusat galaksi yang dipenuhi dengan bintang tampak berbeda tidak seperti yang seharusnya. Orbit bintang-bintang ini memiliki bentuk yang aneh, oval, seperti seseorang yang merentangkan segumpal Silly Putty, yaitu mainan berbahan dasar polimer silikon yang memiliki sifat fisik yang tidak biasa. Ia bisa memantul, tetapi pecah ketika diberi pukulan tajam, dan juga bisa mengalir seperti cairan.
Galaksi Andromeda saat ini bergerak mendekati Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 100 hingga 140 kilometer per detik. Diperkirakan, Galaksi Andromeda akan menabrak Galaksi Bima Sakti sekitar 4,5 milyar tahun lagi. Kedua galaksi akan bertabrakan dan membentuk galaksi yang sangat besar yang berbentuk elips. Penggabungan sempurna antara kedua galaksi ini akan terjadi 6 milyar tahun dari sekarang. Ketika itu terjadi, matahari akan menjadi lebih besar dan menelan planet-planet terestrial.
Andromeda tersusun setidaknya satu triliun bintang-bintang. Keunikan galaksi ini juga terletak pada nukleusnya yang ganda. Kedua puncak cahayanya berisi jutaan bintang yang padat dan keduanya hanya berjarak lima tahun cahaya. Inti pertama nukleusnya ini dikenal dengan sebutan P1 sedangkan inti keduanya dikenal dengan sebutan P2.
Demikianlah penjelasan mengenai galaksi andromeda. Semoga bermanfaat!