Gunung Tertinggi
Salah satu gunung tertinggi di Amerika Utara, Amerika Serikat, dan Alaska adalah Denali atau dikenal Gunung McKinley.
Gunung Denali, gunung tertinggi di Amerika Serikat sebenarnya 10 kaki lebih rendah daripada catatan resmi yang ada sebelumnya. Menurut catatan resmi yang baru dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), tinggi gunung tersebut adalah 20.310 kaki, 10 kaki lebih rendah daripada catatan elevasi sebelumnya, yakni 20.320 kaki.
Menurut prominensa topografisnya, Denali adalah puncak paling prominen ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Terletak di Pegunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska, Denali merupakan tengara di Denali National Park and Preserve. Denali adalah salah satu dari Tujuh Puncak dan merupakan puncak ultra-menonjol dengan lebih dari 5.000 kaki yang terkenal.
• Ketinggian: 20.237 kaki (6.168 meter)
• Prominence: 20.156 kaki (6.144 meter)
• Lokasi: Alaska Range, Alaska, Amerika Serikat.
• Koordinat:: 63 ° 04′10 ″ N / 151 ° 00′27 ″ W
• Pendakian Pertama: Pendakian pertama dari puncak selatan yang lebih tinggi oleh Harry Karstens, Walter Harper dan Robert Tatum, 7 Juni 1913. Pendakian pertama dari puncak utara bawah oleh sekelompok penambang Sourdough, 3 April 1910.
Denali menawarkan kondisi cuaca yang sangat dingin dan ekstrim untuk para pendaki sepanjang tahun. Temperatur dip serendah -75 F (-60 C) dengan suhu windchill turun hingga -118 F (-83 C), cukup dingin untuk membekukan manusia. Temperatur ini telah dicatat di Stasiun Cuaca Gunung McKinley otomatis pada ketinggian 18.700 kaki (5.700 meter).
Karena garis lintang utara yang jauh dari 63 derajat, Denali memiliki tekanan barometer yang lebih rendah daripada pegunungan tinggi lainnya di dunia, yang mempengaruhi aklimatisasi pendaki. Tekanan barometrik yang lebih rendah adalah karena troposfer lebih tipis di dekat kutub dan lebih tebal di khatulistiwa . Demikian juga, Denali memiliki lebih sedikit oksigen di puncaknya daripada gunung yang dekat dengan khatulistiwa. Oksigen puncak Denali adalah 42 persen oksigen di permukaan laut, sedangkan gunung yang dekat dengan ekuator memiliki 47 persen oksigen permukaan laut pada ketinggian yang setara.
Demikianlah penjelasan singkat gunung denali. Semoga bermanfaat!