Garis Pantai Terpanjang
Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi.
Panjang garis pantai sebuah negara di ukur mengelilingi seluruh pantai yang ada di kawasan tersebut. Posisi garis pantai sendiri dapat berubah, perubahan tersebut dipengaruhi oleh faktor alam seperti abrasi serta bisa juga karena aktivitas manusia. Berikut negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia:
• Denmark
Negara yang terletak di Eropa Utara ini merupakan negara Nordik terkecil dan terletak paling utara. Denmark dengan panjang garis pantai mencapai 44.087 kilometer.
Pantai-pantai di sepanjang Danish Riviera menjadi salah satu primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Denmark. Denmark juga tercatat sebagai salah satu negara yang paling bahagia di dunia dengan warganya yang suka minum kopi.
• Indonesia
Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga memiliki garis pantai cukup panjang. Total garis pantai yang ada di Indonesia mencapai 95.181 kilometer. Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia. Seperti garis pantai di Pulau Kalimantan yang sebagian terdiri dari hutan bakau yang tumbuh subur. Selain itu, di sepanjang pantai utara Jawa dan barat daya Sulawesi, bisa ditemui budidaya tambak udang yang dijalankan masyarakat sekitar.
• Filipina
Posisi kelima ada Filipina yang juga merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara. Filipina memiliki garis pantai dengan total 36.289 kilometer. Garis pantai itu tersebar di 7.641 pulau yang dimilikinya dari pulau besar hingga kecil. Karena sebagai negara berkepulauan, garis pantai yang dimiliki Filipina tidak teratur. Mayoritas garis pantai terbentuk di pulau kecil dan teluk.
• Jepang
Jepang adalah negara yang punya banyak pulau, bahkan ada sekitar 6.852 pulau dan garis pantai yang membentang sepanjang 29.751 km. Pulau besar di Jepang ada Kyushu, Shikoku, Honshu, dan Hokkaido dan menjadi tempat tinggal banyak penduduk. Banyaknya wilayah pesisir membuat kegiatan perikanan, pertanian dan kegiatan aquamarine bisa mendukung perekonomian Jepang, meski negara ini kerap diterjang pasang tinggi sepanjang tahunnya. Wisata terkenal di negara ini ada Gunung Fuji yang tereletak di dekat Pantai Pasifik, tepatnya di bagian barat daya Kota Tokyo.
• Kanada
Selain terkenal akan keindahan alamnya, Kanada ternyata juga memiliki garis pantai yang terpanjang di dunia. Panjang garis pantainya mencapai 202.800 kilometer. Walaupun begitu banyak wilayah pantainya yang merupakan tundra es, sehingga kurang populer untuk dijadikan tempat wisata. Negara ini juga tercatat memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.
• Norwegia
Total panjang garis pantainya ialah 58.133 kilometer. Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung tidak beraturan dan berlekuk. Hal itu terjadi karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantai di Norwegia. Sebagain besar garis pantai Norwegia menjadi lahan yang dihuni penduduk dan menjadi tempat mencari penghasilan. Garis pantai yang ada di Norwegia juga menjadi destinasi yang sering dikunjungi. Tempat itu memiliki pantai dengan pemandangan yang indah dan megah.
Itulah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Semoga bermanfaat!