Mengenal Tanaman Hepatica
Hepatica adalah tanaman tahunan herba berbunga musim semi ini juga dikenal dengan nama umum liverleaf atau liverwort.
Hepatica ( Hepatica nobilis ) adalah salah satu bunga pertama yang muncul di musim semi sementara bunga liar lainnya masih mengembangkan daun. Bunganya beraneka warna pink, ungu, putih dan biru dengan bagian tengah berwarna kuning. Bunga liar hepatica tumbuh dalam kondisi lembab di hutan gugur dan menyemai kembali diri mereka sendiri untuk memasok tanaman baru setiap tahun.
Ada beberapa spesies Hepatica, dan genusnya adalah bagian dari keluarga buttercup ( Ranunculaceae). Spesies yang paling umum adalah Hepatica nobilis , disebut sebagai lumut hati atau daun hati. Mereka mendapatkan nama ini karena dedaunan mereka memiliki tiga lobus, seperti hati manusia.
Tanaman tahunan herba ini paling sering memiliki bunga kecil mungil yang berwarna biru. Namun, mereka juga dapat ditemukan dalam nuansa merah muda dan putih. Bunga dengan lebar hingga 1 inci memiliki sejumlah besar sepal putih, merah muda, lavender, ungu atau kebiruan (tanpa kelopak) yang mengelilingi banyak benang sari pusat dengan kepala sari kekuningan.
Asalkan taman Anda memiliki kondisi yang tepat, Hepatica tidak akan membutuhkan banyak perhatian setelah ditanam. Pertimbangan utama untuk tanaman ini adalah jumlah naungan yang mereka terima dan memastikan mereka ditanam di tanah yang dikeringkan dengan baik, ringan dan subur dengan retensi kelembaban yang baik. Akar Hepatica yang bercabang banyak tidak dapat ditransplantasikan dengan baik, jadi pilihlah tempat Anda dengan hati-hati dan pastikan tanaman lain tidak memadatinya.
Itulah penjelasan mengenai tumbuhan hepatica. Semoga bermanfaat!