Jus Jeruk
Jus jeruk menjadi minuman sarapan orang Amerika dan banyak orang di dunia. Minum jus jeruk dan jus buah lainnya tentu lebih gampang. Dibandingkan dengan mengupas, memotong dan mengunyah buah utuh. Tetapi penelitian justru membuktikan buah jus jeruk segar lebih ​​bernutrisi. ​
Bahkan, hanya dengan meminum satu gelas jus jeruk saja sudah bisa langsung membuat kita merasa energik. Selain itu, dengan menambahkan jus jeruk ke dalam diet dapat menurunkan berat badan lebih cepat, terutama jika kita menggabungkannya dengan diet rendah kalori.
Adapun manfaat jus jeruk lainnya yakni meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mencegah pembentukan batu ginjal, mencegah kanker, dan meningkatkan perkembangan otak. Tidak hanya itu, menurut penelitian, meminum dua setengah gelas jus jeruk sehari dapat membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.
Teknik pembuatan jus yang tepat dapat membuat minuman jus Anda lebih segar, berikut 3 tips membuat jus menjadi lebih segar:
· Campurkan es serut ke dalam blender bersama bahan yang lain.
· Gunakan air es dingin bukan air putih biasa.
· Gunakan air putih lalu masukan beberapa potongan es batu di atas jus yang siap saji.
Apabila memungkinkan, jangan masukkan pemanis, susu kental manis ataupun sirup karena dapat menghambat penyerapan zat vitamin oleh tubuh. Namun bila mengharuskan, buatlah sirup gula. Caranya didihkan gula pasir menggunakan air dengan komparasi 1:1. Pemanis gula lebih mudah larut dan menyatu dengan minuman jus dibanding gula pasir biasa.
Setelah selesai, sebaiknya jus segera diminum karena bila terlalu lama dibiarkan maka vitamin dalam minuman jus akan dirusak oleh oksigen dan ultraviolet, akibatnya cita rasanya tidak enak dan juga manfaatnya tidak maksimal.
Waktu terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus ialah sebelum makan supaya penyerapan berbagai zat gizi di dalamnya bisa maksimal. Ukuran jus bagi anak berumur 6 bulan ke bawah baiknya tidak melebihi dari 177 ml atau kurang dari 1 gelas standar per hari.
Bersikeras meminum segelas jus jeruk setiap hari untuk melengkapi vitamin dan menjaga kesehatan tubuh, serta memiliki tubuh yang lebih sehat untuk melawan virus selama epidemi.