Fakta Seputar Macaron
Macaron adalah makanan manis yang berasal dari Prancis, yang terbuat dari meringue. Merigue sendiri terbuat dari putih telur, gula digin, gula pasir, tepung almond atau almond bubuk dan pewarna makanan.
Sedangkan untuk isinya, macaron biasanya terdiri dari granache atau isian lain seperti buttercream.
Yuk, kita cari tahu sejarah dari macaron!
Sejarah Macaron
Macaron sudah ada sejak Abad ke-16. Pada waktu itu, seorang perempuan Italia bernama Catherine de' Medici yang mempopulerkannya.
Pada tahun 1830, di Paris, pembuatan kue ini mulai menciptakan versi baru dari macaron, yaitu dengan menyatukan dua bulatan kue tersebut.
Mereka menyatukan kedua bulatan kue itu dengan selai atau isian lain, dan versi inilah yang terus berkembang samapai saat ini. Macaron berasal dari kata Italia macarone, maccarone, atau maccherone, yang berarti meringue.
Yang membedakan manisan ini dengan manisan lainnya adalah, kue ini memiliki tekstur yang halus pada bagian atas dan bawahnya. Sementara bagian pinggirnya memiliki tekstur yang kasar atau disebut dengan "foot" atau "pied".
Kue atau manisan ini memiliki berbagai macam rasa, warna, dan isian. Umumnya macaron memiliki rasa coklat, vanila, atau rasberi.
Manfaat Macaron
Kue macaroon ini memiliki rasa yang gurih dengan aroma almond. Kue warna warni ini memiliki banyak macam isi seperti cokelat, vanila, buah buahan bahkan teh hijau membuat kue ini terasa begitu istimewa.
Bentuknya yang imut bundar dengan warna yang menarik membuat penasaran untuk mencicipinya. Untuk membuat kue macaroon ini memerlukan kesabaran dan ketelitian Seperti kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu bahan kue yang hampir selalu ada.
Namun Kebanyakan yang diambil hanyalah kuning telurnya saja. Namun kue macaroon menggunakan putih telur sebagai bahan utamanya menggantikan kuning telur yang sering kita gunakan.
Putih telur juga memiliki banyak manfaat lho seperti protein alami, rendah kolestrol, putih telur juga baik untuk yang ingin diet bahkan untuk mencerahkan kulit. Kue macaroon termasuk jenis kue kering yang dibuat dari putih telur.
Sebenarnya ada banyak aneka jenis kue dari putih telor selain kue macaroon. Mungkin kue ini masih asing di telinga kita tapi kue ini telah lama dikenal di eropa khususnya perancis. Kalo di Indonesia kue ini kaya apa yah? Dari bahannya mungkin mirip kue semprit . Berikut resep kue macaroon spesial dari putih telur.
·10 ciri macaron yang kurang berkualitas. Cookiesnya berrongga, bagian luar dan dalm cookies terpisah (karena bagian dalamnya menempel kuat dengan selai atau krim), warna terlalu mencolok, menggantikan pitsstachio dengan almond pada macaron pistachio agak lebih murah, serta menggunakan ekstrak almond, bukan almond bubuk. Karakteristik bubuk lainnya adlah macaron tengik yang masih dijual, ukuran yang terlalu besar atau isinya terlalu sedikit. Macaron yang sempurna memiliki bagian luar yang renyah, namun bagian dalamnya bertekstur lembut seperti meringue.
Demikian fakta seputar macaron, dari sejarah hingga manfaatnya. Apakah Anda tertarik pada macaran dan ingin mencicipinya, yuk, nikmatinya dan menyenangkan diri.