Es Krim
Es krim adalah salah satu makanan yang paling banyak disukai oleh semua kalangan. Dengan berbagai variasi rasa, es krim memiliki banyak penggemar.
Makanan yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa ini memang banyak tersedia di minimarket ataupun warung. Es krim sangat cocok dinikmati ketika siang hari saat cuaca panas. Tetapi tidak ada salahnya jika es krim disantap saat malam hari.
Saat ini penjual es krim sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Es krim kini telah memiliki varian rasa dan ada pula yang menggunakan bahan baku unik. Sebut saja es krim goreng, es krim tempe, es krim cokelat, dan masih banyak lagi.
Memasak merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan yang dapat dilakukan ketika pandemi, selain membuat makanan berat, anda juga dapat membuat makanan ringan seperti es krim. Es Krim menjadi salah satu makanan favorit sebagian banyak orang karena tekstur yang sangat lembut dan manisnya, pada dasarnya Es Krim terbuat dari susu, bisa juga ditambahkan dengan bahan yang lain seperti buah-buahan, coklat dan biskuit. Tidak harus menggunakan susu cair dan UHT untuk membuat Es Krim, anda juga bisa mengganti bahan utama dalam membuat Es Krim dengan produk lainnya. Hanya menggunakan bahan sederhana, cara membuat es krim satu ini pun cukup mudah. Bisa jadi es krim rumahan bercita rasa restoran meski dibuat sendiri.
Resep cara membuat es krim vanilla
Bersama-sama kita akan belajar cara membuat es krim dengan rasa dasar yaitu vanila. Cara membuat es krim vanilla cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.
Bahan :
Susu segar 1 L
Gula pasir 200 g
Kuning telur ayam 4 butir, kocok.
Tepung maizena 15 g
Vanili 1 sdm
· 1-Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk.
· 2-Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut.
· 3-Setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata.
· 4-Kemudian tambahkan vanili, aduk hingga rata.
· 5-Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
· 6-Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur secara perlahan. Diamkan selama 10 menit. Lalu masukkan ke dalam lemari es / freezer.
· 7-Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
· 8-Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.
Meskipun es krim vanila itu sendiri sudah terasa lezat, jangan ragu untuk bereksperimen dengan pilihan rasa yang berbeda. Es krim cokelat merupakan salah satu alternatif yang mudah dibuat, tetapi Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar seperti stroberi atau ekstrak perasa seperti min.
Jika Anda ingin menambahkan bahan-bahan tambahan ke dalam adonan, ada baiknya Anda membekukan bahan-bahan tersebut sebelumnya. Kuki, potongan brownies, atau permen yang belum didinginkan sebelumnya mungkin patah atau hancur ketika dicampurkan ke dalam adonan es krim.
Nah itu dia cara membuat es krim yang mudah dilakukan di rumah.Berikan jempol jika Anda menyukainya!