Pegunungan Amerika
Amerika Serikat, yang mencakup hampir seluruh benua Amerika Utara dari Samudra Atlantik hingga Samudra Pasifik, menempati urutan keempat di dunia dalam hal luas. Wilayah ini juga termasuk Alaska di tepi Arktik dan Hawaii sejauh Khatulistiwa di Samudra Pasifik. Tanah luas Amerika Serikat mencakup berbagai pemandangan alam dan memiliki jumlah Taman Nasional terbesar di dunia. Di bawah ini adalah beberapa gunung paling terkenal di Amerika.
1. Sierra Nevada
Sierra Nevada adalah granit gunung di Barat Daya Amerika Serikat, bagian dari tepi barat Pegunungan Cordillera. Dimulai dari puncak Larsen di utara dan berakhir di jalur gunung Tehachapi di selatan.
Panjangnya 640 kilometer dan lebar 80 hingga 130 kilometer. Ini membentang ke arah utara-selatan di California Timur. Gunung ini terbentuk selama Nevada orogeny dari akhir Jurassic ke awal Cretaceous. Hal ini umumnya 1800-3000 meter di atas permukaan laut, dan lereng gunung dari timur ke barat.
Tebing di lereng timur curam, naik di atas cekungan besar di timur, dengan perbedaan ketinggian 1500-3000 meter. Vegetasinya jarang, kebanyakan semak dan rerumputan.
Lereng barat yang lembut condong ke arah lembah tengah California, dengan ngarai yang dalam dipotong oleh banyak sungai, hutan lebat, dan hujan dan salju yang melimpah di udara lembab Samudra Pasifik.
2. Pegunungan Rocky
Pegunungan Rocky adalah tulang punggung pegunungan Cordillera Amerika di Amerika Utara, terdiri dari banyak pegunungan kecil, yang dikenal sebagai "tulang punggung" Amerika Utara.
Pegunungan utama membentang dari British Columbia, Kanada ke New Mexico di Barat Daya Amerika Serikat. Ini membentang lebih dari 4.800 kilometer dari utara ke selatan, luas dan tidak memiliki vegetasi.
Namanya berasal dari nama suku Indian. Pegunungan Rocky yang megah membentang dari utara ke selatan sejauh ribuan kilometer.
Seluruh Pegunungan Rocky terdiri dari banyak gunung kecil.
Dengan pengecualian Sungai St. Lawrence, hampir semua sungai besar di Amerika Utara berasal dari Pegunungan Rocky, yang merupakan daerah aliran sungai penting bagi benua itu.
3. Pegunungan Appalachian
Pegunungan Appalachian terletak di Amerika Serikat Bagian Timur, sistem pegunungan besar di bagian timur Amerika Utara.
Ini membentang dari Newfoundland dan Labrador di Kanada ke timur Amerika Utara dan berakhir di selatan ke Alabama Tengah, dengan total panjang hampir 3.200 kilometer dan lebar 130 hingga 560 kilometer ke arah timur laut-barat daya.
Membentuk penghalang alami antara pesisir timur dan dataran rendah yang luas di dalam benua, ia memainkan peran penting dalam kolonisasi dan perkembangan benua.
13 koloni Inggris pertama didirikan di timur Pegunungan Appalachian. Panhandle membentang dari New Hampshire di utara ke Georgia di selatan.
4. Pegunungan Pantai
Ini adalah pegunungan di Pantai Pasifik Amerika Utara. Selatan dari Amerika Serikat bagian selatan dekat Los Angeles, utara ke pulau Kodiak di Alaska.
Bagian timur pegunungan adalah zona subsidence (port road, valley, bay), dan pegunungan itu sendiri terputus oleh banyak lembah horizontal dan banyak ngarai.
Bagian utara memiliki pegunungan yang lebih tinggi, curah hujan yang melimpah, dan hutan lebat. Ini terkenal dengan cedar merah, cemara dan hemlock; bagian selatan memiliki banyak gunung besar, dengan ketinggian 600-1200 meter. Curah hujan lebih sedikit, dan didominasi oleh semak belukar.
5. Pegunungan Andes
Pegunungan Andes terletak di pantai barat Amerika Selatan, dengan panjang lebih dari 8.900 kilometer dari utara ke selatan, menjadikannya pegunungan terpanjang di dunia.
Pegunungan Andes membentuk penghalang terus menerus dari ujung selatan Amerika Selatan ke pantai Karibia paling utara. Pegunungan Andes, yang memisahkan daerah pantai barat yang sempit dari seluruh benua, adalah salah satu fitur topografi bumi yang paling penting, dan memiliki dampak besar pada kondisi kehidupan pegunungan itu sendiri dan daerah sekitarnya.
Andes berkisar dari Panama sampai ke Chili. Berjalan melalui bagian barat benua Amerika Selatan, itu dikenal sebagai "tulang punggung Amerika Selatan". Pegunungan memiliki banyak puncak di atas 6.000 meter di atas permukaan laut dan puncaknya tertutup salju sepanjang tahun, dan wilayah ini kaya akan sumber daya mineral.