5 gunung berapi
Gunung berapi adalah bentuk lahan yang umum dibentuk oleh akumulasi bahan cair bawah tanah dan puing-puing padat yang dibawa oleh mereka setelah keluar dari permukaan.
100 hingga 150 kilometer di bawah kerak bumi, terdapat "zona cair", di mana terdapat bahan silikat cair yang mengandung komponen gas yang mudah menguap di bawah suhu tinggi dan tekanan tinggi, yaitu magma. Gunung berapi terbentuk setelah keluar dari permukaan dari bagian kerak bumi yang lemah.
Sementara gunung berapi membawa kita kejutan akan visualnya, dan juga membawa banyak inspirasi artistik. Artikel ini akan mengambil inventarisasi lima gunung berapi utama di dunia dan lihatlah penampilan mereka.
1. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung berapi aktif di pantai utara Pulau Sumbawa, Indonesia. Letusan besar Gunung Tambora pada tahun 1815 berlangsung dari 5 April hingga pertengahan Juli dan merupakan letusan gunung berapi terbesar yang tercatat di dunia, dengan indeks ledakan vulkanik (vei) 7.
Ketika asap menghilang, dapat dilihat bahwa Gunung Tambora telah " menyembur dari puncak gunung", dan ketinggiannya telah berkurang dari 4.100 meter menjadi 2.850 meter, dan letusan gunung berapi yang keras dapat terdengar 2.500 kilometer jauhnya.
Diperkirakan 60.000 orang tewas, dan beberapa ahli telah memverifikasi bahwa Gunung Tambora tidur selama 5.000 tahun sebelum letusan tahun 1815.
2. Gunung Krakatau
27 Agustus 1883 adalah letusan Krakatau paling keras yang dikenal manusia, tetapi itu bukan letusan Krakatau yang paling kuat.
Menurut beberapa bukti, sekitar tahun 535 M, ketika Kekaisaran Romawi jatuh, Krakatau meletus dengan kekuatan puluhan kali lipat dari letusan tahun 1883. Beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa letusan Krakatau 535 adalah tahun 1883. Gunung berapi Krakatau tahunan meletus puluhan kali lebih kuat.
Pada letusan tahun 1883, sangat sedikit orang yang meninggal pada saat letusan karena daerah vulkanik Krakatau tidak berpenghuni. Tapi runtuhnya gunung berapi melepaskan Riam tsunami, atau gelombang pasang seismik, yang telah tercatat sejauh Amerika Selatan dan Hawaii.
Setelah letusan paling dahsyat, gelombang terbesar setinggi 40 meter, menewaskan sekitar 36.000 orang di beberapa kota dekat pantai Jawa dan Sumatera.
3. Gunung St. Helens
Letusan besar gunung berapi yang tercatat terjadi pada Mei 1980, menewaskan 57 orang dan menyelimuti sebagian besar wilayah Amerika Serikat bagian barat dengan abu. Letusan setinggi 300 meter dari puncak gunung, dan 2,5 kilometer kubik puing-puing dari keruntuhan langsung ke lembah di bawahnya.
Setelah 2004, aktivitas gunung berapi secara bertahap menjadi lebih aktif dan menghasilkan letusan skala kecil. Daerah Gunung St. Helens kini telah menjadi tempat vulkanik nasional di Amerika Serikat, dan pemerintah telah membuka wisata khusus bagi wisatawan dan menggunakan situs tersebut untuk mendidik masyarakat tentang bahaya letusan gunung berapi.
4. Gunung Pinatubo
Letusan15 Juni 1991 adalah salah satu letusan gunung berapi terbesar di dunia pada abad ke-20, memuntahkan abu besar dan aliran piroklastik. Letusan tersebut dengan ketinggian puncak sekitar 300 meter dan memuntahkan 20 juta ton sulfur dioksida ke stratosfer, yang mengurangi sinar matahari bumi sebesar 10 persen. Hasilnya adalah musim dingin vulkanik dua tahun di bumi.
5. Gunung Ruiz
Pada malam 13 November 1985, Gunung Ruiz meletus lagi. Ini adalah letusan berukuran sedang (Volcanic Eruption Index vei dari 3). Namun, tidak ada yang menduga bahwa, beberapa jam kemudian, lebih dari 23.000 orang akan dibunuh oleh lahar di kota-kota dan desa-desa yang berjarak puluhan kilometer dari gunung berapi. Gunung berapi Ruiz telah meninggalkan pelajaran yang sangat menyakitkan dan penyesalan tanpa akhir bagi umat manusia.